Hadapi Debat Capres Ketiga, Ganjar-Mahfud Keluarkan Jurus 8 Program SAKTI!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU), akan menggelar debat ketiga Pilpres 2024 pada Minggu 7 Januari 2023, pukul 19.00 WIB di Istora Senayan, Jakarta Pusat, dengan tema Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri.

Debat yang diikuti Anies Baswedan, Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Prabowo Subianto, nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo, nomor urut 3, akan berlangsung dalam waktu 150 menit.

Dikutip dari salinan visi misi yang diterima Media ini melalui situs https://visimisiganjarmahfud.id., Sabtu (6/1/24), visi yang diusung Ganjar-Mahfud ini adalah “Menuju Indonesia Unggul: Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari”.

Berikut program kerja Ganjar Pranowo-Mahfud Md, terkait tema debat ke-3 Pilpres 2024

Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara:

1. Berperan Sentral dalam Menata Dunia Baru.

• Koeksistensi Geopolitik Progresif.

Menjalankan politik bebas aktif dengan prinsip Dasasila Bandung untuk memperjuangkan kepentingan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Memperkuat pelibatan global Indonesia yang otonom dalam forum bilateral dan multilateral dalam memperjuangkan perdamaian dunia.

Memperkuat komitmen untuk mendukung perjuangan pergerakan rakyat Palestina;

• Perjanjian Internasional 100% untuk Kepentingan Nasional.

Memastikan bahwa seluruh perjanjian yang dibuat harus mengutamakan produk dalam negeri, meningkatkan daya saing perekonomian nasional, mengedepankan isu-isu strategis dan kekinian, serta memastikan perlindungan segenap rakyat Indonesia.

• Kedutaan Besar Ujung Tombak Pelayanan WNI

Memperkuat diplomasi dan kedutaan besar sebagai ujung tombak ekspor, perlindungan PMI, dan pelayanan WNI di luar negeri yang responsif.

2. Kedaulatan NKRI dengan Sistem Pertahanan 5.0

• Modernisasi Pertahanan SAKTI.

Transformasi pertahanan berdasarkan doktrin Sistem Pertahanan Rakyat Semesta (SISHANRATA) untuk membentuk Kekuatan Pertahanan Indonesia dilengkapi dengan alutsista SAKTI (Perkasa dengan Keunggulan Teknologi 5.0), serta memperkuat kemampuan untuk melindungi tanah air NKRI dengan modernisasi alutsista dan memperkuat kemampuan dalam menghadapi ancaman dan tantangan.

• Prajurit Sejahtera.

Menjamin terpenuhinya kebutuhan dasar prajurit dan keluarga yang ditopang dengan rawatan dan layanan kedinasan yang berkualitas di seluruh penjuru Nusantara.

• Industri Pertahanan Keamanan Kelas Dunia.

Mendorong kemandirian sebagai bagian dari rantai pasok global untuk memenuhi kebutuhan pertahanan dan keamanan yang akan memperkuat proses alih teknologi, pembangunan kekuatan pertahanan, konektivitas nasional, dan penguatan daya gentar.

• Benteng Pertahanan Nusantara.

Mengembangkan kemampuan proyeksi strategis dengan mengembangkan strategi anti akses dan penangkalan wilayah untuk mengamankan kedaulatan teritorial dan pelaksanaan hak berdaulat di ZEE, terutama di koridor navigasi maritim dan landas kontinen, ruang dirgantara dan antariksa Indonesia.

• Perisai Siber Nusantara.

Meningkatkan kemampuan siber pada era komputer kuantum dan perkembangan kecerdasan buatan dengan memperkuat BSSN sebagai lembaga utama keamanan siber serta mendorong pembentukan Angkatan Siber TNI.

Komentar