Jangan Melawan Aspirasi Masyarakat, Mahfud MD: Suara Rakyat Suara Tuhan

JurnalPatroliNews – Jakarta – Bakal cawapres Ganjar PranowoMahfud Md mewanti-wanti paslon pada pemilihan presiden atau Pilpres 2024 tidak memainkan suara rakyat. Menurutnya, suara rakyat adalah suara Tuhan. 

Ingat ada adagium vox populi vox dei, suara rakyat itu adalah suara Tuhan,” kata Mahfud di Surabaya dikutip dari keterangan video, Sabtu 11 November 2023.

Mahfud mengatakan, adagium itu mengartikan masyarakat akan mencari jalan kemenangannya sendiri, meski ditekan atau diperlakukan secara sewenang-wenang.

“Bukan berarti rakyat itu sama dengan Tuhan, itu artinya Tuhan akan selalu membela rakyat yang membela kebenaran,” kata Mahfud. 

“Oleh sebab itu, siapapun yang melawan aspirasi rakyat, yang menekan-nekan rakyat dengan cara tidak fair, maka aspirasi masyarakat itu akan mencari jalannya sendiri untuk menuju kemenangannya,” katanya. 

Untuk itu, kata Mahfud, dia meminta agar Pilpres 2024 dilaksanakan secara jujur dan adil. Ia tidak ingin ada kecurangan dalam pesta demokrasi lima tahun sekali tersebut. 

“Kecurangan, kesewenang-wenangan, pemaksaan, dan penipuan di dalam pemilu itu tidak akan memberi berkah,” kata Mahfud. 

Mahfud menambahkan, pelaksanaan pemilu yang jujur dan adil pun telah dijamin dalam konstitusional Indonesia yakni Undang-Undang Dasar 1945. 

“Kalau Indonesia melahirkan pemimpin karena kecurangan dalam pelaksanaan pemilu, itu tidak akan pernah baik,” kata Mahfud. 

“Maka kepada siapapun yang ingin Indonesia ini baik, mari kita laksanakan pemilu ini untuk memberikan kesempatan kepada rakyat secara bebas menentukan pilihannya sendiri,” tambahnya.

Komentar