Kembali Jadi Sorotan! Perpusnas Klarifikasi Soal Anggaran Rapat Tembus Rp95 M

Mengenai anggaran kendaraan dinas jabatan eselon I dengan pagu Rp880 juta, Adin mengatakan bahwa hal ini sudah sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Adin menegaskan bahwa pagu anggaran Perpusnas tersebut dibahas oleh tim ahli dari Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan, dan Komisi X DPR RI.

“Kami berharap Klarifikasi dari Perpusnas ini memberikan penjelasan bahwa pemanfaatan anggaran Perpusnas digunakan untuk pengembangan perpustakaan dan peningkatan literasi masyarakat sehingga mampu untuk menciptakan barang/jasa yang berkualitas dan dapat digunakan dalam kompetisi global,” imbuhnya.

Sebelumnya, pagu anggaran Perpusnas 2023 menjadi isu hangat di media sosial. Sebab, terdapat rincian pengadaan barang jasa perpusnas untuk tahun anggaran 2022/2023 pada laman resmi. Ada entri soal tender cepat Paket Stakeholder Meeting Nasional dengan nilai pagu sebesar Rp 9,5 miliar. Selain itu, ada anggaran kendaraan dinas eselon I Perpusnas Jakarta sebesar Rp 880 juta.

Komentar