KPU Ungkap Proses Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 di 4 Provinsi Akan Selesai Malam ini

JurnalPatroliNews – Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang menggarap rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di empat provinsi terakhir, dengan target penyelesaian malam ini. Provinsi-provinsi yang tersisa untuk direkap adalah Jawa Barat, Papua, Papua Pegunungan, dan Maluku.

Menurut Komisioner KPU, August Mellaz, saat ini perwakilan dari KPU Jawa Barat sudah hadir di kantor pusat KPU di Jakarta. Sementara itu, perwakilan dari KPU Maluku sedang dalam perjalanan menuju Jakarta.

KPU Papua dan Papua Pegunungan masih berada di Papua, tetapi Mellaz berusaha agar mereka bisa sampai di Jakarta pada hari ini juga.

“Kalau Papua Pegunungan informasinya semalam mereka dibawa ke Jayapura karena urusan di salah satu kabupaten/kota kan sisi keamanannya, dan itu akan bersama-sama bergeser ke Jakarta. Tapi kita usahakan untuk malam ini mereka selesai semua,” ungkap Mellaz di kantornya.

Mellaz menambahkan bahwa penetapan hasil Pemilu 2024 dapat dilakukan setelah rekapitulasi selesai untuk seluruh 38 provinsi.

Sejauh ini, KPU telah menyelesaikan rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 di 34 provinsi dan 128 PPLN (Pusat Pemungutan dan Penghitungan Suara). Namun, masih ada empat provinsi yang harus direkapitulasi.

“Misalnya nanti kalau proses rekapitulasi nasional untuk hasil pemilu provinsi selesai, maka kita akan masuk ke step berikutnya terkait penetapan,” imbuhnya.

Sebelum itu, KPU telah menegaskan bahwa hasil Pemilu 2024 akan ditentukan melalui proses rekapitulasi manual dan berjenjang, dimulai dari tingkat TPS, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga tingkat nasional.

Komentar