Pastikan Pelaksanaan Pemilu 2024 Siap, Pj. Wali Kota Bekasi Lakukan Monitoring ke Wilayah

JurnalPatroliNews – Kota Bekasi – Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tinggal menghitung hari, guna memastikan ketersediaan logistik dan kesiapan distribusinya berjalan baik sekaligus memberikan beberapa arahan dalam persiapan pelaksanaanya, Pj. Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad lakukan monitoring langsung ke beberapa wilayah, yakni Kecamatan Pondokgede, Pondok Melati, dan Jatisampurna pada Rabu (07/04).

Dalam arahannya, Pj. Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad menyampaikan beberapa hal terkait indikator suksesnya Pemilu kepada seluruh unsur yang bertugas di Kecamatan dan Kelurahan, termasuk kepada seluruh Lurah di wilayah, beserta unsur dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam).

Arahan utama Gani Muhamad adalah mengenai 4 (empat) indikator suksesnya Pemilu, yakni Pemilu berjalan aman dan lancar, partisipasi pemilih yang tinggi, tidak ada konflik yang merusak persatuan, serta pemerintahan dan pelayanan masyarakat berjalan tanpa gangguan.

“Indikator pertama suksesnya Pemilu di suatu daerah yang pertama adalah aman dan lancar, artinya tidak terjadi gangguan-gangguan yang signifikan, termasuk mengenai hal-hal yang menyangkut distribusi logistik. Pastikan semua komponennya aman, lengkap, tidak ada kekurangan, Surat Suara jumlahnya sesuai dengan Data Pemilih, dan juga diperhatikan terkait keamanan TPS-nya,” ujar Gani Muhamad dalam arahannya.

Selain aman dan lancar, partisipasi tinggi dari pemilih yang menyumbangkan suaranya juga merupakan indikator suksesnya Pemilu, maka dari itu Gani Muhamad mengarahkan Camat/Lurah mengajak warganya untuk menggunakan hak pilihnya.

“Di Hari Kasih Suara nanti, agar Camat dan Lurah serta segenap unsur lainnya mampu mendorong para warga untuk mencapai tingkat partisipasi setinggi-tingginya, karena suara masyarakat menentukan arah Bangsa untuk lima tahun ke depan, dan setiap suaranya sangat berarti,” tambah Gani.

Kemudian, suksesnya Pemilu juga tidak terjadinya konflik, maka dari itu Gani Muhamad menegaskan, “agar kondusifitas tetap terjaga, kita semua sama-sama mengawal untuk mencegah terjadinya provokasi antar satu dan lainnya, maka Bapak/Ibu sekalian juga harap berhati-hati dan bijak dalam mengelola medsos-nya, hindari menyebarluaskan hoax dan ujaran kebencian, jangan biarkan keutuhan NKRI terpecah belah, kita semua wajib menjaga Persatuan dan Kesatuan,” tegasnya.

Terakhir, indikator suksesnya Pemilu adalah Pemerintahan tetap berjalan dan pelayanan kepada masyarakat juga tetap tersedia tidak dibatasi bahkan harus dimaksimalkan.

“Pemerintahan harus tetap berjalan sesuai ketentuan, tidak terhenti, bahkan pelayanan kepada masyarakat juga harus dimaksimalkan, apalagi di saat-saat ini, semua harus bekerja terutama di hari h pelaksanaannya, semua harus bersama berperan mensukseskan Pesta Demokrasi ini agar aman dan tetap damai,” tutup Gani Muhamad.

(Wan/Hms)

Komentar