Pembelot! Intip Harta Budiman Sudjatmiko, Pasca Deklarasi Dukung Prabowo

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Budiman Sudjatmiko mengumumkan mendukung bakal calon presiden Prabowo Subianto pada pemilu 2024 mendatang. Menurutnya, dukungan itu dilakukan atas nama pribadi bukan terkait partainya saat ini PDIP.

Namun dukungan tersebut mendapat respon keras dari PDIP. Arah politik partai itu cukup jelas, karena Ketua Umum Megawati mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres.

Saat pengumuman itu, pihak PDIP memberikan Budiman ultimatum untuk mundur atau dipecat. Terbaru, akhirnya pada Kamis (24/8/2023), Budiman resmi dipecat dari PDIP.

Budiman diketahui bergabung dengan PDIP pada 2004 lalu. Sebelumnya ia dikenal sebagai aktivis Partai Rakyat Demokratik (PRD) yang dideklarasikan pada 1996.

Karena aktivitasnya saat itu, dia sempat dijebloskan ke penjara pada saat pemerintahan Orde Baru. Budiman juga dituding jadi dalang peristiwa 27 Juli 1996 dan divonis 13 tahun.

Namun dia hanya mendekam selama 3,5 tahun. Pada 10 Desember 1999, Presiden Abdurahman Wahid atau Gus Dur memberikannya amnesti.

Budiman masuk ke PDIP bersama dengan sejumlah aktivis lain. Mulai dari Rahardjo Waluyo Jati (PRD), mantan Ketua Pijar Haikal, Akuat Supriyanto, Beathor Suryadi, Masinton Pasaribu (Front Perjuangan Pemuda Indonesia), hingga Sinyo (Gerakan Bersama Rakyat).

Belum lama ini dia diketahui menjabat sebagai Komisaris Independen di PTPN V. Menteri BUMN Erick Thohir yang menunjuknya langsung mengisi jabatan tersebut pada 2021.

Lalu berapa harta Budiman?

Dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), harta Budiman diketahui mencapai Rp 1,7 miliar. Jumlah tersebut terdiri dari tanah dan bangsunan hingga kendaraan.Lebih dari 90% hartanya tersebut adalah tanah dan bangunan milik pribadi.

Lokasinya berada di Jakarta Timur dengan luas 187 M2/250 M2.Sementara untuk kendaraannya tercatat ada dua unit mobil. Yakni Nissan Evalia 1,5 Tahun 2012 senilai Rp 95 juta dan Mitsubishi Mirage 1,2 A/T tahun 2013 seharga Rp 85 juta.

Komentar