Pilpres RI 2024 Menjadi Sorotan Media Asing, Capres Ini Unggul 50%

JurnalPatroliNews – Jakarta – Tahun politik Indonesia yang akan diselenggarakan pada 2024 mendatang telah menarik perhatian media asing, membawa sorotan khusus pada kontes Pemilihan Presiden (Pilpres) RI. Salah satu media internasional yang turut menyoroti dinamika politik ini adalah Reuters, yang pada Rabu (27/12/2023) mengeluarkan laporan berjudul “Indonesia presidential candidate Prabowo cements lead in the poll,” menunjukkan dominasi Prabowo dalam beberapa survei.

Laporan tersebut muncul setelah debat cawapres yang melibatkan rekan pasangannya, Gibran Rakabuming Raka. “Survei yang dilakukan pada 23-24 Desember oleh Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa Prabowo, yang berpasangan dengan putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, diperkirakan akan memperoleh 46,7% suara,” demikian laporan Reuters.

Indikator juga menempatkan mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai pesaing terdekat dengan 24,5% suara, sedangkan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan mendapat dukungan 21% dari responden yang disurvei.

Survei dari lembaga berbeda, Kompas, juga disorot. Menurut laporan tersebut, Prabowo memperoleh 39,3% suara, dengan Anies sebagai pesaing terdekatnya dengan 16,7%, diikuti oleh Ganjar dengan 15,3%.

Sementara itu, survei Indikator dilakukan setelah debat televisi antara calon presiden pada 12 Desember dan calon wakil presiden pada 22 Desember. Keputusan Mahkamah Konstitusi pada Oktober lalu yang memungkinkan Gibran mencalonkan diri meningkatkan kekhawatiran akan politik dinasti yang semakin mengakar di Indonesia.

“Dalam debat televisi, Gibran mempertahankan agenda ekonomi ayahnya, terutama pembangunan ibu kota baru. Tiga debat berikutnya dijadwalkan sebelum pemilu,” ungkap Reuters.

Komentar