Relawan Jokowi Masih Tersebar, Terbelah Kepada Tiga “Bang Jago”

JurnalPatroliNews – Mesin organik atau relawan Joko Widodo saat ini masih tersebar, belum fokus pada satu figur.

“Mereka tersplit kepada para ‘Bang Jago’, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo, sebagai nama papan atas hasil survei,” kata Direktur Riset Indonesian Presidential Studies (IPS), Arman Salam, Jumat (18/6).

Jokowi sendiri memang mengaku sudah ada relawannya yang dirangkul untuk mendukung calon tertentu. Namun, dia meyakini masih banyak relawan yang setia menunggu komandonya.

Menurut Arman Salam, pertarungan pilpres adalah pertarungan figur. Saat ini publik termasuk para relawan sedang melihat dan menimang, belum terpolarisasi ke calon tertentu.

“Belum ada calon yang sangat kuat sekali, masih rata-rata air. Siapapun berpeluang memenangkan pertarungan,” ucap dia.

Saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Seknas Jokowi, secara virtual, Sabtu (12/6), Presiden Jokowi meminta kelompok relawannya bersabar, tidak tergesa-gesa.

Jokowi mengajak relawannya untuk mempelajari konstelasi politik dan peta politik terlebih dahulu. Dia meyakini, waktunya masih cukup. Sembari membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19.

“Nanti, pada saatnya, saya akan berbicara. Saya akan menyampaikan ke mana kapal besar relawan Jokowi ini akan kemudinya kita arahkan,” ucap politisi PDIP itu.

(rmol)

Komentar