Sebaiknya Tak Buat Gaduh! PPP Soroti Mindset Denny Indrayana, Sering Campuradukkan Antara Politik dengan Hukum

JurnalPatroliNews – Jakarta – Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Awiek) merespons Mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM, Denny Indrayana, yang menyebar rumor KPK segera mengumumkan perkembangan dugaan kasus korupsi Formula E dan menetapkan Anies Baswedan sebagai tersangka. Awiek menyoroti mindset Denny yang kerap mencampuradukkan antara politik dengan hukum.

“Sejak tinggal di Australia memang Denny Indrayana ini ada perubahan, perubahan mindset saya kira, kan beliau juga masuk ke dunia politik ber-backgorund hukum seringkali mencampuradukkan antara politik dan hukum,” kata Awiek kepada wartawan, Kamis (22/6/2023).

Awiek menilai rumor yang disampaikan Denny soal KPK akan men-tersangkakan Anies hanya asumsi dan tidak berdasarkan fakta. Menurutnya sampai saat ini kasus Formula E masih dalam tahap penyelidikan.

“Sekarang menskenariokan seolah-olah KPK sudah mau men-tersangkakan Anies itu kan sebuah asumsi dan tidak berdasarkan fakta hukum sama sekali dan faktanya KPK masih dalam tahap penyelidikan. Jadi kalau kemudian ada proses hukum, ya itu proses hukum bukan politik gitu,” ucap Awiek.

“Jadi kalau kemudian ada proses hukum, ya itu proses hukum bukan politik gitu. Ya memang begini jadinya ketika antara hukum dan politik dicampuradukan membuat sesuatu yang sebenarnya terang benderang menjadi buat seolah-olah tidak terang benderang begitupun sebaliknya,” sambungnya.

Awiek meminta Denny tak menyebarkan rumor yang tak terbukti kebenarannya. Awiek berharap Denny tak buat kegaduhan.

“Jadi sebaiknya Denny Indrayana tidak membuat kegaduhan-kegaduhan dan jadilah praktisi hukum yang bicara sesuai koridor hukum tidak selalu mengedepankan asumsi, karena antara fakta hukum dengan asumsi itu berbeda. Jadi tidak perlu mencari sensasi-sensasi berlebihan kita bangun demokrasi dengan baik,” imbuhnya.

Sebelumnya, Denny Indrayana menyebar rumor KPK segera mengumumkan perkembangan dugaan kasus korupsi Formula E dan Anies Baswedan segera ditetapkan sebagai tersangka. KPK pun buka suara atas rumor yang disebar Denny itu.

Komentar