Sekuat Apa di Survei…! AHY Masuk Bursa Cawapres Ganjar

JurnalPatroliNews – Jakarta – Nama Ketum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhyono atau AHY masuk bursa bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo yang diusung oleh PDIP. Seberapa kuat AHY berdasarkan hasil survei elektabilitas cawapres 2024?

Nama AHY muncul saat Ketua DPP PDIP Puan Maharani membocorkan nama-nama bakal cawapres untuk Ganjar Pranowo. Selain nama AHY, ada nama lain seperti Menko Polhukam Mahfud Md hingga Menparekraf Sandiaga Uno.

“Pencawapresan, nama kan banyak ada sepuluh. Kalau boleh saya sebut yang ada di media, Pak Mahfud sudah masuk namanya, Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno. Kemudian ada Pak AHY ya kan? Pak AHY, Pak, sopo lagi, Mas? Pak Airlangga, ya kan?” kata Puan di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023) kemarin.

Puan mengatakan nama-nama itu termasuk ke peta cawapres Ganjar. Dia berkata nama-nama tersebut memiliki kelebihan masing-masing.

“Nama-nama itu ya termasuk dalam peta yang ada di PDI Perjuangan, kalau boleh saya sebut nama itu dan semuanya tentu punya kelebihan-kelebihan yang nantinya akan dipertimbangkan,” ujarnya.

“Kemudian apakah itu bisa bekerja sama dengan calon presiden dari PDI Perjuangan, sesuai dengan visi-misi, cita-cita, dan lain sebagainya,” sambungnya.

Puan menuturkan nama-nama itu masih dalam pertimbangan. Dia menyebut penentuan cawapres Ganjar tidak akan ditentukan hari ini.

Kekuatan AHY di Survei
Litbang Kompas
Litbang Kompas merilis hasil survei terkait keterpilihan tokoh layak menjadi cawapres 2024 pada minggu akhir Mei. Hasilnya, Nama AHY berada di posisi keenam, di bawah Sandiaga Uno hingga Ridwan Kamil.

Seperti dilihat pada Rabu (24/5), survei periodik Litbang Kompas melalui wawancara tatap muka dilakukan pada 29 April-10 Mei 2023. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi.

Komentar