Bom Mobil Menewaskan 16 Orang Termasuk 3 Tentara Turki di Timur Laut Suriah

Jurnalpatrolinews – Damaskus : Sebuah bom mobil menewaskan 16 orang termasuk dua warga sipil dan tiga personel Turki pada Kamis di sebuah pos pemeriksaan di kota perbatasan Ras al-Ain yang dikuasai Turki di timur laut Suriah, kata seorang pengawas perang.

Sebelas lainnya yang tewas adalah pasukan keamanan lokal atau anggota faksi yang didukung Turki yang berjaga di pos pemeriksaan, kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris.

Dua belas lainnya terluka, katanya.

Turki mengatakan dua polisi bersenjata tewas dan delapan lainnya luka-luka.

Pasukan Turki dan proksi Suriah mereka tahun lalu merebut daratan sepanjang 120 kilometer (75 mil) di dalam perbatasan Suriah dari pasukan Kurdi, dari Ras al-Ain ke Tal Abyad.

Pemboman seperti itu biasa terjadi di Ras al-Ain.

Pada Juli, ledakan dari sepeda motor yang dilengkapi bahan peledak menghancurkan pasar sayur di sana, menewaskan sedikitnya delapan orang, termasuk enam warga sipil.

Unit Perlindungan Rakyat (YPG) yang dipimpin Kurdi, dari siapa Turki dan sekutunya merebut wilayah itu, memainkan peran kunci dalam perang yang didukung AS melawan kelompok jihadis ISIS di Suriah.

Tetapi Ankara memandang mereka sebagai perpanjangan dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang telah melancarkan pemberontakan mematikan di Turki tenggara sejak 1984.

Perang saudara Suriah telah menewaskan lebih dari 387.000 orang dan jutaan orang mengungsi dari rumah mereka sejak meletus pada tahun 2011 dengan penindasan brutal terhadap protes anti-pemerintah.

Komentar