Irkormar Pimpin Upacara Hari Peringatan Kesaktian Pancasila

JurnalPatroliNews – Jakarta – Dispen Kormar, TNI Angkatan Laut Inspektur Korps Marinir (Irkormar) Brigjen TNI (Mar) Soeharijadi, S.E., memimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang diikuti seluruh Prajurit dan PNS Korps Marinir wilayah Jakarta yang dilaksanakan di Lapangan Apel Brigif 1 Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan. Minggu (01/10/2023).

Rangkaian Upacara diawali dengan penghormatan pasukan kepada Inspektur Upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para Pahlawan, Pembacaan Teks Pancasila, Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945, Pembacaan Ikrar dan diakhiri dengan pembacaan doa.

Sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967 Hari Kesaktian Pancasila adalah hari Nasional di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Hal Ini untuk mengingat sejarah kelam dan kejamnya sebuah pengkhianatan terhadap bangsa dari Gerakan 30 September 1965 yang didalangi oleh Partai Komunis Indonesia yang lebih dikenal sebagai G30S/PKI.

Hari Peringatan Kesaktian Pancasila ini untuk mengenang Pancasila sebagai dasar negara yang tetap kokoh meskipun ada upaya rongrongan untuk menjatuhkannya. Peringatan ini juga sebagai tanda penghormatan seluruh bangsa Indonesia untuk para Pahlawan Revolusi yang gugur dalam mempertahankan Pancasila dalam peristiwa Pengkhianatan G30S/PKI.

Hadir pada Upacara tersebut Komandan Pasmar 1 (Danpasmar 1) Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., CHRMP., M.Tr.Opsla., M.Han., Pejabat Utama Mako Kormar, Wadan Pasmar 1, Dankolak Kormar wilayah Jakarta, , serta para Pejabat Utama Pasmar 1.

Komentar