Kapuspen TNI: TNI Dirikan Tenda Kesehatan dan Dapur Umum Bantu Korban Erupsi Gunung Lewotobi NTT

JurnalPatroliNews – Jakarta – Tentara Nasional Indonesia (TNI) turut andil dalam upaya penanganan darurat untuk membantu warga yang terdampak letusan Gunung Lewotobi di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kejadian ini telah menimbulkan dampak serius, dan TNI bersama instansi terkait bergerak cepat untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Demikian disampaikan Kapuspen TNI Mayjen TNI Dr. Nugraha Gumilar, M. Sc., di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (8/1/2024).

Tim penanganan darurat TNI telah dikerahkan untuk memberikan bantuan medis, evakuasi, dan distribusi kebutuhan pokok kepada warga yang terdampak.

Personel TNI, dengan keterampilan dan peralatan yang memadai, bekerja sama dengan pihak terkait untuk memastikan koordinasi yang baik dalam rangka membantu masyarakat yang membutuhkan. TNI telah mendirikan tenda kesehatan sejak erupsi Gunung Lewotobi sejak tanggal 1 Januari 2024, dan menggelar dapur umum sejak tanggal 5 Januari 2024.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyampaikan, bahwa keterlibatan TNI dalam situasi darurat ini adalah bagian dari respon cepat TNI untuk selalu hadir dalam menjaga keamanan, mengatasi kesulitan rakyat dan kesejahteraan masyarakat. Panglima TNI menegaskan bahwa TNI akan terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan Instansi terkait guna memberikan bantuan seoptimal mungkin.

Sementara itu, prajurit TNI yang terlibat aktif dalam evakuasi dan pendistribusian bantuan, menunjukkan semangat gotong royong dan kepedulian terhadap sesama. Bantuan medis, logistik, dan perlengkapan lainnya telah diberikan kepada warga yang mengungsi dan membutuhkan perlindungan.

Komentar