Kodim 0101/Kota Banda Aceh Gelar Acara Tradisi Meugang

JurnalPatroliNews – Banda Aceh,- Kodim 0101/Kota Banda Aceh menggelar acara tradisi Meugang di Makodim 0101/Kota Banda Aceh, yang terletak di Jalan S.T.A Mahmudsyah Nomor 32, Gampong Baro, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Senin (11/3/24).

Acara yang diselenggarakan pada hari ini dipimpin langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 0101/Kota Banda Aceh, Letkol Czi Widya Wijanarko, S.Sos., M.Tr (Han), yang turut dihadiri oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim), Letkol Arh Sugi Hantoro, S.T., M.I.P, Pabung Jantho Mayor Inf Antoni Zen, para Perwira Staf, Danramil, Danposramil serta anggota jajaran Kodim 0101/Kota Banda Aceh. Selain itu, awak media juga turut hadir dalam acara ini.

Tradisi Meugang sendiri merupakan salah satu tradisi yang diwariskan secara turun-temurun oleh masyarakat Aceh. Meugang merupakan tradisi menyembelih hewan ternak, seperti sapi atau kambing, yang kemudian dagingnya dibagikan kepada keluarga, tetangga, dan juga kaum dhuafa.

Dalam sambutannya, Dandim 0101/Kota Banda Aceh Letkol Czi Widya Wijanarko, S.Sos., M.Tr (Han) mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam tradisi meugang Tahun ini.

“Alhamdulillah, pelaksanaan Meugang Ramadhan kali ini, kita bisa mengumpulkan 11 (Sebelas) ekor sapi dari seluruh rekan – rekan, dan ini merupakan rekor dari pelaksanaan Tradisi Meugang sebelumnya. Kemarin kita sembelih, hari ini kita bagikan dan kita makan bersama,” ucap Dandim.

Dandim juga mengatakan bahwa pentingnya memelihara tradisi-tradisi lokal sebagai bagian dari identitas dan kebudayaan suatu daerah. Dia juga menekankan pentingnya solidaritas dan kebersamaan dalam menjaga kebersamaan dan harmoni di antara masyarakat.

Acara Meugang ini juga menjadi momentum untuk mempererat tali silaturahmi antara anggota Kodim 0101/Kota Banda Aceh dengan masyarakat sekitar. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan partisipasi aktif masyarakat dalam mendukung tugas-tugas yang dilaksanakan oleh Kodim 0101/Kota Banda Aceh untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya.

Di akhir acara, Dandim 0101/Kota Banda Aceh serta berharap tradisi Meugang akan terus dilestarikan dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Aceh.

Komentar