Usai Gelar MotoGP Mandalika 2023, Perputaran Ekonomi Tembus Rp4,5 T

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Indonesia sukses menggelar perhelatan Internasional MotoGP Mandalika 2023. Mandalika, sebagai tempat penyelenggaraan, mampu menghasilkan Rp4,5 triliun perputaran ekonomi untuk Indonesia.

Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), mengungkapkan hal itu, di gedung Waskita Rajawali Tower, Jakarta, Rabu (13/12/23).

“Di Mandalika kemarin, satu event MotoGP menghasilkan Rp4,5 triliun perputaran ekonomi,” kata Erick.

Ia membeberkan, dari jumlah Rp4,5 triliun itu, Rp3,8 triliun nya untuk pengembangan ekonomi masyarakat, atau keuangan Pemerintah Daerah di Lombok.

“Di mana Rp3,8 triliun untuk masyarakat atau Pemerintah di Lombok, yang kalau dilihat perbandingan pertumbuhan ekonominya per tahun itu naik 1,02%. Nasionalnya dapat Rp700 miliar,” bebernya.

Diketahui, Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina, menyampaikan, bahwa dukungan Pertamina di kegiatan olahraga otomotif ini, juga mampu mendorong roda perekonomian Nasional dan Daerah, serta UMKM Tanah Air.

“Tahun lalu di saat kita masih dalam pandemi COVID-19, pelaksanaan MotoGP Mandalika bisa membawa 102 ribu penonton yang hadir menyaksikan langsung balap motor kelas dunia tersebut. Event ini mampu meningkatkan perekonomian Nusa Tenggara Barat hingga 3,5 % pada Kuartal I-2022. Jadi dampaknya luar biasa” ucap Nicke dalam siaran pers, Minggu (23/7/23) silam.

Ia memaparkan, gelaran olahraga otomotif tersebut pada tahun lalu, telah berhasil memberikan sumbangsih terhadap perekonomian Nasional dengan nilai transaksi sekitar Rp 5 triliun.

Nilai itu diperoleh, tambahnya, dari seluruh ekosistem yang mendukung dan terdampak positif dari acara tersebut. Dari sisi UMKM, dalam ajang yang sama di tahun lalu, berhasil menciptakan perputaran ekonomi hingga Rp 800 miliar.

Komentar