Minat Jurusan Kuliah AI Meningkat Drastis, Pakar Beri Catatan Penting!

Bagi mereka yang tertarik untuk mengejar pendidikan di bidang AI, penting untuk mempertimbangkan aspirasi mereka di masa depan terkait dengan program yang akan diikuti. Apakah mereka lebih memilih untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan pasar kerja, atau lebih mengutamakan gelar yang lebih luas sebagai bekal untuk jangka panjang.

Ilmu yang berkaitan dengan kecerdasan buatan dapat ditemui baik dalam program sarjana maupun pascasarjana di berbagai perguruan tinggi. Minat terhadap AI sebenarnya telah muncul jauh sebelum ledakan teknologi dua tahun terakhir ini. Sejak 2011, gelar AI telah menjadi tren menurut Pusat Keamanan dan Teknologi Berkembang di Georgetown University.

Beberapa universitas, seperti Carnegie Mellon University, bahkan telah membuka program khusus AI sejak tahun 2018. Dan baru-baru ini, University of Pennsylvania mengumumkan bahwa program AI khusus akan dimulai pada musim gugur tahun ini.

Tidak hanya itu, lulusan yang memiliki keahlian khusus di bidang AI juga telah tumbuh lebih pesat dibandingkan dengan lulusan STEM secara umum, baik itu dalam tingkat sarjana, magister, maupun doktor. Beberapa institusi, seperti Miami Dade College, juga telah menyertakan ilmu yang berkaitan dengan kecerdasan buatan dalam program gelar associate mereka.

Komentar