Telkom Dinilai Tepat Jika Gunakan Satelit Internet Starlink dari SpaceX

  • Whatsapp
Telkom berencana menggunakan satelit internet Starlink dari SpaceX. Foto: Logo SpaceX. [Shutterstock]

JurnalPatroliNews – Pengamat BUMN dari Universitas Indonesia, Toto Pranoto menilai positif penjajakan kerja sama pemanfaatan teknologi satelit antara Telkom dengan perusahaan Amerika Serikat SpaceX milik Elon Musk dalam rangka pemerataan konektivitas digital di Indonesia.

“Saya kira kerja sama dengan SpaceX bagus buat Telkom dalam rangka pemerataan konektivitas digital di Indonesia,” ujar Toto kepada Antara di Jakarta, Kamis (22/7/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut dia, luasnya lingkup wilayah geografis Indonesia membutuhkan dukungan coverage dan jangkauan yang mumpuni.

“Jadi SpaceX dengan teknologi yang dimiliki dianggap sebagai salah satu operator yang excellence dan bisa menjadi alternatif bagus buat satelit komunikasi yang dibutuhkan Telkom,” kata Toto.

Sebelumnya diwartakan bahwa Telkom sedang menjajaki pembicaraan kerja sama dengan SpaceX, untuk menggunakan layanan konstelasi satelit internet Starlink di Indonesia.

VP Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengatakan bahwa Telkom berkomitmen mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan konektivitas digital di seluruh wilayah Indonesia.

Mengingat geografis wilayah Indonesia, maka peran teknologi satelit sangat dibutuhkan untuk dapat mengakselerasi pemerataan konektivitas digital hingga ke pelosok Nusantara.

Untuk maksud tersebut Telkom terbuka untuk bermitra dengan pihak manapun yang memiliki kompetensi dalam pemanfaatan teknologi satelit.

Hal inilah yang mendasari pembicaraan kerja sama Telkom dengan SpaceX sebagai perusahaan asal Amerika yang telah dikenal luas memiliki kompetensi mumpuni dalam pengembangan teknologi satelit.

Diharapkan dengan terjalinnya kerja sama itu, Telkom mampu memberikan solusi guna mengakselerasi konektivitas hingga pelosok nusantara dengan penyediaan layanan satelit yang handal, berkualitas dan terjangkau.

[Antara]

 

Pos terkait