WhatsApp Larang Pengguna Screenshot Pada Foto Profil, Ini Penyebabnya

JurnalPatroliNews – AS – Langkah baru dari WhatsApp mengemuka, di mana aplikasi pesan singkat ini sedang menguji coba fitur yang akan memblokir kemampuan pengguna untuk melakukan screenshot pada foto profil. Informasi ini diungkap oleh forum developer WABetaInfo.

Dalam pengumumannya, WABetaInfo menjelaskan bahwa pembaruan WhatsApp ini akan dirilis melalui Google Play Beta Program. Tujuannya jelas, yakni untuk meningkatkan keamanan privasi pengguna dengan melarang kemampuan screenshot pada foto profil.

Oleh sebab itu, keputusan ini muncul seiring dengan meningkatnya kekhawatiran terhadap keamanan digital, khususnya berkaitan dengan pencurian identitas yang dapat digunakan untuk berbagai tindakan penipuan.

Dengan memblokir kemampuan screenshot foto profil, WhatsApp berharap dapat memberikan lapisan tambahan dalam menjaga keamanan penggunanya dari potensi eksploitasi, seperti yang dilansir oleh ReadWrite pada Rabu (21/2/24).

Kedepannya, fitur ini akan menampilkan layar hitam ketika pengguna mencoba untuk melakukan screenshot pada foto profil orang lain, sambil menyertakan pesan peringatan di antarmuka WhatsApp.

“Tak bisa screenshot karena ada pembatasan aplikasi,” seperti itu kira-kira pesan yang akan muncul.

Selain itu, fitur ini sudah mulai tersedia bagi sebagian pengguna WhatsApp yang berpartisipasi dalam program beta untuk versi Android. WABetaInfo menyebutkan bahwa fitur ini akan secara resmi dirilis secara bertahap dalam beberapa minggu mendatang.

Langkah ini, merupakan kelanjutan dari kebijakan sebelumnya yang diambil oleh WhatsApp. Sekitar 5 tahun yang lalu, WhatsApp telah menghapus opsi untuk mengunduh foto profil orang lain.

Namun, keputusan tersebut ternyata tidak menyeluruh karena pengguna masih bisa dengan mudahnya melakukan screenshot. Dengan pembatasan ini, diharapkan tindakan pencurian identitas dan eksploitasi foto profil pengguna WhatsApp dapat diminimalisir.

Komentar