Lindungi Labuan Bajo, Izin Bangun Hotel Bintang 4-5 Dimoratorium

Ia menuturkan data per 17 September 2021 lalu menunjukkan saat ini ada tiga hotel bintang empat di Labuan Bajo, kemudian ada dua hotel bintang lima. Sementara itu, hotel bintang tiga ada empat unit dan private resort ada dua unit.

Lebih lanjut, kata dia, walaupun izin pembangunan disetop sementara untuk hotel bintang 4-5, tapi pembangunan hotel bintang tiga ke bawah tetap diperbolehkan dan dikelola oleh Community Basis Tourism (CBT) atau pengusaha lokal.

“Hal ini sesuai dengan kesepakatan bersama antara Pemprov NTT dan pemerintah kabupaten Manggarai Barat,” kata dia.

Labuan Bajo menjadi tuan rumah KTT G20 sepanjang Juni hingga September 2022.Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores menyebut setidaknya ada 11 hotel bintang 3 hingga bintang 5 dengan total kapasitas sebanyak 848 kamar yang siap menjadi akomodasi para tamu di acara itu. Saat ini, digeber penambahan 1.500 kamar dan ditargetkan tersedia pada 2022.

Labuan Bajo baru memiliki enak hotel dan 46 pelaku usaha tersertifikasi CHSE. Selain itu, sebanyak 261 operator tur atau agen tur yang datang dari lima asosiasi kapal yang secara legal terdaftar juga serta telah berintegrasi dalam satu sistem registrasi di dalam ekosistem digital.

Komentar