2021, Pendaftaran CPNS Segera Tiba, Ada Baiknya Segera Siapkan Dokumen Apa saja?….

Jurnalpatrolinews – Jakarta, Kabar gembira bagi Anda yang ingin menjadi abdi negara. Sebab, pemerintah kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun ini.

Rencananya, pendaftaran lowongan CPNS akan dibuka mulai Maret-Mei 2021, setelah tahun lalu ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Sesmenpan-RB) Dwi Wahyu Atmaji memastikan bahwa rencana pembukaan CPNS tersebut ada. Namun, saat ini masih dalam proses pembahasan.

“Ada (pembukaan CPNS 2021). Masih dibahas,” ujarnya saat dihubungi rekan media.

Menurutnya, Kementerian/Lembaga (K/L) juga sudah mengajukan formasi yang dibutuhkan untuk tahun depan. Saat ini masih dalam pembahasan dan menyesuaikan kemampuan negara.

“Sudah (ada pengajuan K/L). Masih diolah (datanya),” kata dia.

Pembukaan lowongan CPNS ini merupakan angin segar bagi banyak masyarakat. Sebab, pada tahun lalu, pemerintah tidak membuka seleksi penerimaan CPNS.

Sebelumnya, pembukaan CPNS 2021 ini juga sudah dikemukakan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo saat memberikan arahan dalam rapat koordinasi penyederhanaan birokrasi pada bulan Agustus lalu.

“Berkaitan dengan rekrutmen, saya kira ini kaitan seleksi CPNS yang pada kabinet ini sudah diawali pada CPNS 2019-2020. Yang sekarang sudah pada tahap-tahap akhir dan 2020 tidak mengadakan penerimaan CPNS,” kata Tjahjo.

Namun Tjahjo menyampaikan kemungkinan pembukaan formasi CPNS tidak akan dilakukan secara besar-besaran seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Nanti 2021 itu pun juga terbatas sesuai dengan kebutuhan. Termasuk sudah mulai banyak dari kementerian-kementerian yang tidak menambah pegawai lagi,” jelasnya.

Meski belum ada kepastian kapan tepatnya pendaftaran CPNS 2021 dibuka, tidak ada salahnya untuk menyiapkan syaratnya dari sekarang. Ini akan lebih mempermudah saat pembukaan dibuka.
Adapun berdasarkan data yang dihimpun rekan media, dokumen yang perlu disiapkan sebagai syarat ikut daftar CPNS adalah sebagai berikut:

1. Kartu Keluarga

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

3. Ijazah

4. Transkrip Nilai

5. Pas foto

6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar, termasuk Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
(*/red)

Komentar