Amit-Amit! RI Mirip India Krisis Tabung Oksigen

JurnalPatroliNews – Jakarta, Pemerintah Indonesia sempat mengirimkan bantuan ribuan tabung oksigen ke India untuk membantu korban Covid-19 pada 10 Mei lalu.

Selang tiga minggu berselang, ada pengiriman lagi dengan jumlah lebih banyak yakni 2.400 tabung ke negara yang sama. Hal itu sempat menimbulkan kekhawatiran menipisnya stok tabung gas oksigen nasional, namun Pemerintah membantah itu.

“Saat melakukan persiapan bantuan oksigen ke India, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga mengantisipasi dan menjamin kebutuhan dalam negeri terpenuhi kalau ada peningkatan kasus Covid-19.

Bantuan yang diberikan sebanyak 3.400 tabung, atau hanya 0,05% dari stok tabung nasional. Jadi tabung oksigen cukup tersedia,” kata Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri di Jakarta, Kamis (24/6).

Meski demikian, nyatanya sejumlah rumah sakit, utamanya di Jawa Tengah sempat mengalami kelangkaan. Industri pun mengaku lebih sibuk untuk mengirimkan tabung oksigen ke Jateng dalam beberapa hari terakhir. Namun, Pemerintah menyebut apabila kebutuhan tabung gas oksigen di rumah sakit terus meningkat bisa langsung dipergunakan dari para distributor

“Intinya tidak ada kelangkaan tabung oksigen, karena tabung oksigen cukup dan tersedia mengantisipasi lonjakan permintaan akibat meningkatnya kasus Covid-19 di dalam negeri,” ucap Febri.

Selain itu, guna memastikan jumlah kebutuhan di rumah sakit yang menangani Covid-19, Kemenperin juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait pemutakhiran data kebutuhan oksigen di daerah.

“Hal ini diharapkan bisa memastikan agar pasokan tabung gas oksigen untuk medis sesuai dengan kebutuhan daerah dan rumah sakit setempat dan tepat sasaran,” paparnya.

(*/lk)

Komentar