Bursa Saham A5 Melonjal Sambut Vaksin Pfizer, Dow Dibuka Melesat 1.477 Poin

JurnalPatroliNews – Jakarta, Bursa saham Amerika Serikat (AS) dibuka melonjak pada perdagangan Senin (9/11/2020), menyambut kabar efektivitas vaksin Covid-19 besutan Pfizer yang mencapai 90%.

Indeks Dow Jones Industrial Average melompat 1.477 poin (+5%) pukul 08:30 waktu setempat (21:30 WIB) dan 15 menit kemudian surut ke 1.320,2 poin (+4,7%) ke 29.643,58 dan S&P 500 naik 118,2 poin (+3,4%) ke 3.627,62. Nasdaq melonjak 104,2 poin (+0,9%) ke 11.999,43.

Kabar positif dari koalisi raksasa farmasi Amerika Serikat (AS) Pfizer dan perusahaan bioteknologi Jerman BioNTech itu ibarat minyak yang menyiram Wall Street yang sedang dibakar oleh optimisme kemenangan kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden.

Hasil efektivitas sebesar 90% itu jauh lebih baik dari ekspektasi. Penasihat Kesehatan Gedung Putih Anthony Fauci sebelumnya menilai efektivitas vaksin sebesar 50%-60% sudah cukup baik.

Saham yang bakal diuntungkan dari pemulihan aktivitas masyarakat pun meroket, seperti misalnya saham maskapai Southwest Airlines yang melesat 22% dan Walt Disney yang lompat 14%. Sebaliknya, saham yang meraih berkah dari situasi pembatasan sosial pun melorot seperti Zoom (-17%), Amazon (-5,2%) dan Netflix (-8,3%).

Reli Senin terjadi di tengah kemenangan Joe Biden dalam pilpres di Pennsylvania dan Nevada, menurut NBC News pada Minggu. Hasil tersebut diharapkan meminimalisir berlarutnya hasil hajatan politik terbesar di AS tersebut.

Di sisi lain, pasar kian yakin bahwa Partai Demokrat tak bakal menyapu bersih Senat dan DPR, sehingga rencana penaikan pajak penghasilan (Pph) badan dan perorangan tidak bakal disahkan dengan mudah.

“Kepresidenan Biden dengan Senat di bawah kendali Partai Republik mempersulit kenaikan pajak yang sebelumnya menjadi ketakutan terbesar investor,” tutur Brian Levitt, perencana trading global Invesco, dalam laporan riset yang dikutip rekan media.

Gaya kepemimpinan Partai Demokrat yang kalem dinilai tak akan memicu risiko perang dagang ke depannya. Partai Demokrat diperkirakan mempertahankan posisi dominannya di DPR, sementara kepengendalian di Senat masih belum pasti.

Sepanjang pekan lalu, indeks Dow Jones dan Nasdaq melompat masing-masing 6,9% dan 9%, mengiringi kabar hasil pilpres yang demikian. Sementara itu, indeks S&P 500 naik 7,3% yang merupakan reli mingguan terbesar sejak 1932.

Reli tersebut terjadi bahkan setelah calon presiden petahna Donald Trump menolak mengakui kekalahan, bersumpah bahwa timnya akan memulai “memproses kasus” pilpres di pengadilan untuk memastikan UU Pemilu dipatuhi.

Biden pada Senin dijadwalkan mengumumkan pentolan yang akan menduduki posisi penting dalam satgas anti Covid-19 yang bakal dipimpinnya usai pelantikan nanti. AS melaporkan lebih dari 126.000 kasus baru dalam dua hari berurutan.

(*/cnbc/lk)

Komentar