HeadlinePolitik

Dibanding AHY-Gatot, Tokoh Sipil Rizal Ramli Dan Anies Lebih Berpeluang Dicintai Rakyat Di 2024

Avatar
×

Dibanding AHY-Gatot, Tokoh Sipil Rizal Ramli Dan Anies Lebih Berpeluang Dicintai Rakyat Di 2024

Sebarkan artikel ini
Momen kebersamaan Anies Baswedan dan Rizal Ramli/Net

JurnalPatroliNews – Tokoh politik yang masih konsisten berada di jalur oposisi diyakini akan mendapat tempat di hati masyarakat. Terlebih pasca keputusan Sandiaga Salahuddin Uno yang memilih mengikuti jejak Prabowo Subianto untuk merapat ke pemerintah.

Berdasarkan pandangan analis sosial politik Universitas Negeri Jakarta, Ubedilah Badrun, setidaknya ada beberapa nama yang bisa bersinar untuk dijagokan di Pilpres 2024 mendatang.

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

“Tokoh-tokoh oposisi sipil sesungguhnya jauh lebih punya peluang. Tokoh seperti Rizal Ramli, Syahganda Nainggolan, Jumhur Hidayat,” kata Ubedilah kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (27/12).

Selian tokoh nonparpol tersebut, kans untuk Pilpres 2024 mendatang juga bisa diraih oleh sejumlah kepala daerah yang kerap berbeda dengan kebijakan pemerintah pusat.

“Misalnya Anies Baswedan, Ridwan Kamil mungkin lebih punya peluang untuk Pemilu 2024, termasuk juga Ganjar Pranowo,” lanjut Ubedilah.

Terlepas dari nama-nama tersebut, ia juga mengamini ada kans yang cukup besar bagi Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Gatot Nurmantyo untuk mengambil ceruk pemilih oposisi.

Namun, AHY tidak akan mendapatkan dukungan luas jika tidak secara tegas menyatakan oposisi. Hal tersebut makin berat karena ada darah militer di diri putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mempunyai segmentasi tersendiri di masyarakat. Begitu pun dengan Gatot Nurmantyo.

“Gatot ada ruang kelemahan yang melekat pada dirinya, yaitu kesan militeristiknya yang kuat dimana sebagian rakyat masih cukup traumatik dipimpin kalangan militer. Begitu juga pada AHY kesan militernya masih belum hilang, seperti juga pada Prabowo,” tandasnya.

(rmol)