Jadwal Telah Disusun, TNI AU – Australia Siap Gelar “Rajawali Ausindo”

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Angkatan Udara Australia atau Royal Australian Air Force (RAAF) menyatakan kesiapan untuk kembali menggelar latihan bersama bersandi “Rajawali Ausindo” dengan TNI AU guna memperkuat hubungan militer kedua negara.

“Kami siap dengan Rajawali Ausindo. Itu adalah kesempatan yang baik untuk meningkatkan hubungan antarpihak,” kata Kepala Staf AU Australia atau Chief of Air Force RAAF, Air Marshal Melvin EG Hupfeld seperti dikutip dari kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa di Jakarta, Minggu 27/3.

Saat bertemu dengan Perkasa, Hupfeld mengatakan dia telah berbicara dengan komandan Operasi Gabungan di TNI untuk mengetahui jadwal latihan yang telah disusun.

“Kami bisa bergabung dengan beberapa latihan yang telah dijadwalkan untuk TNI AU dan menjadikan kesempatan itu sebagai latihan bersama, yang tidak hanya meningkatkan kemampuan prajurit di udara, tetapi juga meningkatkan kemampuan pengawasan dan pengamanan,” jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut, kedua perwira tinggi itu saling bertukar cendera mata.

Hupfeld memberikan koin besar simbol peringatan 100 tahun RAAF yang diperingati di Australia tahun lalu, sementara panglima TNI memberikan keris. “Ini adalah salah satu senjata tradisional yang paling populer di Jawa,” kata Perkasa saat menyerahkan keris itu ke Hupfeld.

TNI AU dan RAAF telah beberapa kali menggelar latihan bersama dengan sandi “Rajawali Ausindo”. Latihan bersama antarangkatan udara itu terakhir digelar 2018 di Pangkalan Udara TNI AU El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Komentar