HeadlineInternasional

Kekhawatiran Besar, WHO Nyatakan :Tahun Kedua Pandemi Covid-19 Jauh Lebih Mematikan

Beno
×

Kekhawatiran Besar, WHO Nyatakan :Tahun Kedua Pandemi Covid-19 Jauh Lebih Mematikan

Sebarkan artikel ini
Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) REUTERS

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa tahun kedua pandemi Covid-19 pada 2022 ini lebih “mematikan” dari sebelumnya.

“Kita melihat kalau tahun kedua pandemi ini jauh lebih mematikan dari tahun pertama,” kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dikutip dari AFP, Jumat (14/5).

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

Melalui pernyataan ini, Ghebreyesus mendorong negara-negara kaya untuk mendonasikan vaksin Covid-19 ketimbang memvaksinasi kelompok anak dan remaja.

Dia memahami alasan beberapa negara ingin memvaksinasi kelompok anak dan remaja. Namun, ia berharap negara-negara kaya mempertimbangkan mendonasikan vaksinnya untuk program pembagian vaksin global, Covax.

“Saya mengerti alasan beberapa negara ingin memvaksinasi anak-anak dan para remaja, tapi saat ini saya mendorong mereka untuk mempertimbangkan kembali dan mendonasikan vaksinnya untuk Covax,” katanya.

Seperti dilansir Reuters, Ghebreyesus menyebut pandemi kian parah di tahun kedua sejalan dengan kondisi di India, negara yang menjadi kekhawatiran besar WHO.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, menyatakan bahwa negaranya memang sedang dalam masa gawat Covid-19. Menurutnya, tingkat penularan paling parah terjadi di desa.

Pada Jumat (14/5), tercatat secara total melebihi 24 juta orang di India terkonfirmasi positif Covid-19. Jumat ini juga merupakan hari ketiga korban meninggal akibat Covid-19 di India mencapai lebih dari 4.000 orang.

Sebelumnya, Ghebreyesus juga sempat menyinggung bahwa jumlah kasus Covid-19 dalam sebulan belakangan lebih tinggi lima kali lipat ketimbang lima bulan pertama pandemi.

(*/lk)