Kisah Jokowi, Pedagang Kecil, dan ‘Iblis’ Bernama Covid-19

  • Whatsapp
Foto: Saat Perawat Cerita ke Presiden Jokowi Pulang ke Rumah Sebulan Sekali.

JurnalPatroliNews – Jakarta, Wabah pandemi Covid-19 telah memukul banyak sektor, tak terkecuali pengusaha kecil yang menggantungkan hidupnya dengan berjualan. Bagi sebagian di antara mereka, Covid-19 bagaikan iblis.

Hal tersebut terungkap dalam sesi bincang-bincang antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama pedagang, saat memberikan bantuan modal kerja di halaman tengah Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Bacaan Lainnya

Mulanya, Jokowi bertanya kepada para peserta yang mendapatkan bantuan, apakah ada di antara mereka yang berstatus sebagai pedagang kaki lima. Salah seorang yang tanpa menyebutkan nama, pun mengacungkan jari.

“Usaha saya jual ketupat sayur padang,” kata pedagang tersebut kepada Jokowi, Rabu (30/9/2020).

Jokowi kemudian bertanya, berapa modal yang dibutuhkan untuk berjualan ketupat sayur padang. “Biasanya, di atas Rp 300 ribu, tapi sekarang [omzet] mencapai di bawah Rp 100 per hari,” kata pria tersebut.

Pedagang tersebut mengaku kerap menjajakan dagangannya sejak subuh hingga tengah hari. Jokowi kemudian mengatakan, dengan bantuan modal kerja sebesar Rp 2,4 juta, diharapkan dana tersebut bisa membantu keberlangsungan usaha pedagang tersebut.

Sebelum mengakhiri perbincangannya, Jokowi sempat bertanya kepada pedagang tersebut mengenai wabah pandemi Covid-19. “Saya mau tanya dulu. Kalau menurut bapak Covid itu apa? Virus corona itu apa?” tanya Jokowi.

“Kalau menurut saya pribadi [Covid-19] iblis. Iblis, setan,” sahut pedagang tersebut.

Jokowi yang mendengar perkataan pedagang itu terdengar tertawa tipis. Kepala negara kemudian melanjutkan perbincangan dengan pedagang lain yang menerima bantuan modal kerja.

(cnbc)

Pos terkait