Terjadi Lagi..! Teroris KKB Tembak 2 Warga Dipuncak Jaya, Ma’ruf: Mahfud Koordinasi ke Panglima TNI-Polri soal Rumusan Pengamanan Defensif Dinamis!

Wakil Presiden Ma'ruf Amin

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Terkait ulah Teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang kembali menembaki 2 orang warga sipil di Puncak Jaya, Papua, hari ini. KH Ma’ruf Amin, Wakil Presiden (Wapres), Merespons hal tersebut. Ia mengatakan, Mahfud Md, Menko Polhukam, sedang berkoordinasi dengan berbagai pihak soal Prosedur pengamanan di Papua.

“Ini sedang dirumuskan, dikoordinasikan oleh Menko Polhukam yang melibatkan semua, Panglima TNI, Kapolri, kemudian BIN, dan semua unsur, untuk membuat langkah-langkah ke depan supaya masyarakat aman dan juga pembangunan kesejahteraan tidak terganggu, keamanan berkorelasi dengan masalah pembangunan kesejahteraan,” ujar Wapres di Bukittinggi, Sumatera Barat, Selasa (12/4/22).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut,  mantan Rais ‘Aam Nahdlatul Ulama (NU) itu menyebutkan, pendekatan pengamanan di Papua menggunakan metode Defensif tapi Dinamis. Ia mengungkapkan, Pemerintah sedang merumuskan masalah itu.

“Ya saya kira Pemerintah sekarang dalam pertemuan terakhir kita, supaya Strategi menghadapi berbagai hal dari KKB ini itu tidak Defensif yang Pasif, tapi Defensif yang Dinamis, aktif,” lanjutnya.

Ia menilai, perlu perubahan strategi dalam mengawal masyarakat Papua. Dia tidak ingin warga sipil menjadi korban lagi kedepannya.

“Karena itu harus ada perubahan strategi di dalam mengawal masyarakat supaya mereka memang tidak menjadi korban, menebarkan ketenangan,” imbuhnya.

AKBP Arif Irawan, Wakasatgas Humas Gakkum Operasi Damai Cartenz, mengatakan, teroris KKB telah menembak dua orang tukang ojek di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Dalam serangan itu, satu orang meninggal dunia dan satu lainnya kritis di Rumah Sakit (RS).

Pos terkait