3,3 Juta Hektar Kebun Kelapa Sawit Masuki Kawasan Hutan, Ini Penjelasan Gapki!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Pemerintah menyebut jutaan hektar (Ha) lahan kelapa sawit masuk kedalam kawasan hutan. Merespon pernyataan itu, pengusaha sawit pun mempertanyakan keakuratan data tersebut.

Eddy Martono, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), menjelaskan, 3,3 juta hektar lahan kelapa sawit, yang diklaim Pemerintah itu, belum tentu semuanya masuk ke dalam kawasan hutan.

“3,3 juta hektare itu kan masih indikasi, belum tentu itu semuanya benar masuk kawasan hutan. Sebab, itu masih indikatif. Oleh karena itu, nanti akan ada klarifikasi,” jelas Eddy, Jumat (8/12/23).

“Semisal ternyata perusahaan tersebut sudah melakukan pelepasan kawasan hutan, kenapa kok dalam peta indikatif masuk dalam kawasan hutan, atau bahkan sudah HGU (Hak Guna Usaha). Karena, dalam peta indikatif ternyata Sertifikat Hak Milik petani. Waktu program PIR-Trans pun ada yang masuk dalam kawasan hutan,” sambungnya.

Ia mengungkapkan, Satgas Sawit yang dibentuk oleh Pemerintah pun telah memanggil beberapa perusahaan anggota Gapki, untuk diminta klarifikasi ihwal permasalahan tumpang tindih lahan.

“Klarifikasi beberapa perusahaan anggota Gapki, sudah dipanggil Satgas Sawit. Diharapkan, dengan adanya Satgas Sawit, dapat membantu mempercepat penyelesaian masalah ini,” tandasnya.

Sebelumnya, Muhammad Said, Direktur Penggunaan Kawasan Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), membeberkan, terdapat sekitar 3,3 juta hektare (ha) lahan perkebunan kelapa sawit, yang sampai dengan hari ini masih berada di dalam kawasan hutan.

“Dari total 16,38 juta hektare kebun kelapa sawit, paling tidak lebih kurang 3,3 juta hektare-nya, kalau dilihat dalam peta Kehutanan, itu masih berada di dalam kawasan hutan. Tentu ini permasalahan dan harus segera diupayakan penyelesaiannya,” ucap Said pada Pertemuan Nasional Petani Kelapa Sawit Indonesia – APKASINDO, di Jakarta, Kamis (7/12/23).

Said mengaku, belum memiliki data yang akurat terkait lahan kebun sawit rakyat seluas 6,74 hektare atau setara 42% dari total 16,38 juta hektare perkebunan kelapa sawit Nasional.

Ia menyebut, kebun sawit tersebut, tersebar dalam beberapa ruang, diantaranya ruang utama atau lahan hutan konservasi, hutan lindung, dan di hutan produksi.

Komentar