Catatan Momen Penting 2022, Saat Pom Bensin Swasta Jual BBM Lebih Murah dari Pertamina

Untuk mengikuti kebijakan tersebut, pihaknya akan menghabiskan stok Revvo 89 sampai akhir tahun.

“Untuk mematuhi kebijakan pemerintah, PT Vivo Energy Indonesia telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghabiskan persediaan Revvo 89 kami pada akhir tahun ini,” tulis manajemen.

Pada 20 Oktober 2022, sejumlah SPBU VIVO resmi menjual Revvo 90 atau BBM yang RON-nya sama dengan Pertalite. Pertama kali muncul, Revvo 90 dijual dengan harga Rp 12.600 per liter.

Bukan yang Pertama Kali Jual Lebih Murah

Nyatanya, bukan kali itu saja SPBU VIVO menjual harga BBM lebih murah dari Pertamina. Dalam catatan rekan media, pada 2017 lalu, saat awal-awal hadir di Indonesia, VIVO menjual bensin RON 89 seharga Rp 6.100 per liter. Sedangkan Pertamina menjual Premium Rp 6.450 per liter dengan kualitas RON 88.

Artinya, SPBU VIVO berani menjual harga BBM lebih murah dari Premium meski punya kualitas RON 89. Dengan menjual harga Revvo 89 lebih murah dibandingkan Premium yang memiliki RON 88, VIVO mengaku tidak rugi. Kala itu VIVO mengaku menjual harga tersebut sesuai harga keekonomian

“Balik lagi kemarin, di sini ingin bisnis kami bukan panti sosial kasarnya. Rugi insya Allah enggak,” kata Corporate Communication Vivo Energy Indonesia, Maldi Al Jufrie, di SPBU VIVO Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (26/10/2017) lalu.

VIVO sendiri mengaku mendapatkan pasokan BBM yang diimpor dari induk perusahaan dan beberapa negara. Untuk BBM RON 89, alias Revvo 89, VIVO melakukan peningkatan kualitas produk di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sedangkan, BBM dengan kadar oktan yang lebih tinggi diimpor langsung.

“Sekarang di storage, nantinya bisa kirim langsung. Storage-nya di Priok,” tutur Maldi.

Komentar