Dipicu Pesanan Panik Awal Maret, Impor Batu Bara China April Melonjak

JurnalPatroliNews – Beijing,- Impor batu bara China melonjak 43 persen pada April dari Maret, didorong oleh pembelian panik atas kekhawatiran gangguan pasokan yang berasal dari invasi Rusia ke Ukraina.

China dikirim 23,55 juta ton batu bara pada bulan lalu, data dari Administrasi Umum Bea Cukai menunjukkan pada Senin. Itu dibandingkan dengan 16,42 juta ton pada Maret dan 21,73 juta ton pada April 2021.

Untuk periode Januari-April, China membawa total 75,41 juta ton batu bara, turun 16 persen dari pengiriman pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Batu bara termal Newcastle mencapai rekor tertinggi 440 dolar AS per ton pada awal Maret, didorong oleh kekhawatiran pasokan yang ketat karena negara-negara Barat berjanji untuk menjatuhkan sanksi pada sistem keuangan dan produk energi Rusia setelah menginvasi Ukraina. Moskow menyebut tindakannya di Ukraina sebagai “operasi militer khusus”.

Karena harga batu bara global tetap tinggi sementara pemerintah pusat China memerintahkan para penambang untuk meningkatkan produksi domestik dan membatasi harga lokal, para pedagang China kemudian menghindari kargo laut yang mahal demi sumber-sumber domestik.

China ingin menghasilkan rekor 12,6 juta ton batu bara setiap hari dan mempertahankan harga batu bara di bawah kontrak berjangka pada 570-770 yuan (84,99-114,81 dolar AS) per ton.

Sementara itu, perencana negara pada April mendesak 14 wilayah, termasuk Guangdong, Guangxi dan Zhejiang, yang sebagian besar bergantung pada batu bara impor, untuk menandatangani lebih banyak kontrak berjangka dengan pusat pertambangan utama Shanxi, Shaanxi dan Mongolia Dalam untuk pasokan domestik.

Komentar