Kabar Terbaru..! Rusia Tiba-Tiba Bidik Harta Karun RI di Laut Natuna, ESDM Angkat Bicara..?

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) turut buka suara terkait kabar Rusia tertarik untuk mengelola “harta karun raksasa” RI di Laut Natuna, yakni Blok Gas East Natuna.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan, pemerintah tidak menutup diri bagi siapa saja yang tertarik untuk masuk ke pengelolaan Blok East Natuna.

“Kita buka umum, siapa saja yang tertarik, ke seluruh dunia,” ungkap Tutuka saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Senin (5/12/2022).

Lebih lanjut, Tutuka mengatakan bahwa Kementerian ESDM saat ini masih menanti proses pengembalian Blok East Natuna dari Pertamina terlebih dahulu. Adapun setelah proses tersebut rampung, pemerintah bakal melelang ulang kembali Blok East Natuna dan memecahnya menjadi tiga wilayah kerja.

“Intinya setelah pembagian selesai, kita launching buka ke internasional, terutama tiga di tengah itu ya,” katanya.

Menurut Tutuka, pengembangan Blok East Natuna menjadi penting, mengingat blok jumbo tersebut sudah mangkrak hingga puluhan tahun. Hal tersebut terjadi lantaran Blok East Natuna memiliki kandungan karbon dioksida (CO2) hingga 71%.
Artinya, dari potensi gas “raksasa” yang mencapai 222 triliun kaki kubik (TCF), hanya 46 TCF yang dapat dieksploitasi. Menurut Tutuka, pemecahan Blok East Natuna menjadi tiga wilayah kerja lantaran blok tersebut cukup luas.

“East Natuna itu terdiri dari berbagai lapangan, ada yang di atas Arwana- Barakuda, di bawah D-Alpha, di bawah Paus East Natuna, tiga itu kelompok besarnya. D-alpha ini jadi masalah ini berat sekali, kompleks sekali kalau jadi satu orang tidak mau D-alphanya, konsepsinya begitu saja,” kata dia.

Komentar