Kelompok Milenial Sulawesi Utara Ekspor 44 Ton Cocopeat ke Korea Selatan

JurnalPatroliNews – Manado – Para anak muda asal Sulawesi Utara berumur kisaran 19 tahun yang tergabung dalam komunitas Millenial Sulut Go Ekspor berhasil memasarkan komoditas pertanian asal Sulut yakni, Cocopeat.

Komunitas ini berhasil mengekspor sebanyak 44 ton ke Korea Selatan dengan nilai ekonomi mencapai Rp500 juta.

Pada Sabtu (13/11/2021) bertempat di Terminal Petikemas Bitung, komoditas tersebut dilepas langsung oleh Kepala Karantina Pertanian Manado, Donni Muksydayan sebelum barang tersebut siap dikapalkan ke negara tujuan. 

Turut hadir dilokasi Kepala Bea Cukai Bitung, Zubaidi Yulianto dan perwakilan Dinas Pertanian Kota Bitung.

Dalam kesempatan itu, Donni menyampaikan  apresiasinya terhadap anak-anak muda yang tergabung dalam komoditas tersebut karena telah berhasil mengekspor produk yang selama ini bahan bakunya sebenarnya berasal dari limbah pabrik olahan turunan kelapa.

“Proses pemasaran dengan fasilitas digital yang tentu sudah dekat dengan millenial sekarang ini, saya rasa itu kelebihan mereka tinggal bagaimana memanfaatkan peluang,” ujar Donni.

Produk turunan kelapa termasuk cocopeat merupakan komoditas unggulan Provinsi Sulut dan disetiap proses ekspornya untuk memenuhi persyaratan masing-masing negara tujuan, komoditas tersebut rutin disertifikasi oleh Karantina Pertanian Manado sebelum diekspor ke berbagai negara.

Alan, Ketua Komunitas Sulut Go Ekspor mengungkapkan, komoditas pertanian yang berhasil diekspor yaitu sebanyak 1 container dan seluruhnya tanpa modal.

“Jadi buyer bayar 50% duluan, dan melunasinya saat barang sampai,” kata Alan.

Dirinya berpesan untuk para kaum millenial jangan takut untuk melangkah terjun ke dunia bisnis.

“Melalui komunitas ini kita bangun daerah kita sendiri melalui ekspor, tentu hal tersebut harapannya kita juga mendapat support penuh dari pemerintah terkait,” ungkap Alan.

Kepala Badan Karantina Pertanian, Ir. Bambang MM berharap kedepan akan banyak terus muncul sosok millenial asal sulut yang berkecimpung di dalam dunia perdagangan ekspor khususnya pada sektor pertanian melalui program unggulan Kementan yakni Gratieks. 

(***/srisurya)

Komentar