Program Naik Kelas, KemenkopUMKM Bentuk Forum Kemitraan, Gandeng  BUMN & Usaha Besar

Sementara itu, Staf Ahli Menteri BUMN Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM, Loto Srinaita Ginting mengatakan pihaknya juga berupaya mendorong dan menyukseskan aksi afirmasi gerakan belanja produk dalam negeri.

“Ini menjadi penyemangat bagi BUMN untuk meningkatkan belanja produk dalam negeri, termasuk kepada para UMKM. Tercatat belanja Produk Dalam Negeri BUMN hingga 31 Oktober 2022 mencapai Rp 241,3 triliun. Harapannya, melalui event ini meningkat lagi capaiannya,” ujarnya.

Ia menambahkan ada kenaikan partisipasi BUMN dari tahun lalu yang hanya 6 menjadi 17 BUMN. “Tentu ini karena semangat BUMN untuk terus mendukung UMKM sebagai rantai pasok BUMN,” ucapnya.

Direktur Jenderal IKM dan Aneka Kementerian Perindustrian, Reni Yanita menyebutkan kegiatan ini adalah tindak lanjut MoU yang telah dilakukan. Harapannya, agar ada peningkatan pada komunikasi yang sudah terjalin.

“Kemenperin menyiapkan IKM untuk dapat meningkatkan kinerja daya saing dan kita lakukan pembinaan untuk menjadikan IKM bagian rantai pasok industri besar dan horeka,” ungkapnya.

Komentar