Sebagai Restoran Jagonya Ayam, Begini Komitmen KFC Indonesia Jaga Mutu Produknya

Hal ini bertujuan agar ayam hidup tidak mengalami stress sepanjang pengiriman akibat terlalu sesak di keranjang.

Selain itu pada saat diterima di RPA, ayam hidup diistirahatkan dengan diberi blower mist di area istirahat.

Ketika penyembelihan akan dilaksanakan, ayam kembali melewati proses untuk ditenangkan agar penyembelihan berjalan lancar dan memenuhi persyaratan penyembelihan secara halal.

Setelah semua bahan baku, baik itu daging ayam maupun bahan-bahan lainnya memenuhi persyaratan, QC tetap dijalankan dengan ketat ketika bahan baku diterima di gudang KFC Indonesia.

QC INCOMING MATERIAL melakukan proses sampling sesuai metode yang telah ditentukan, apabila tidak memenuhi persyaratan maka akan dilakukan penolakan pada bahan baku tersebut.

QC tetap berjalan dengan ketat sampai bahan baku dikirim di gerai KFC untuk diolah.

Secara rutin Transportation Audit juga dilakukan untuk memastikan semua armada yang mengirim bahan baku ke gerai KFC secara konsisten memenuhi persyaratan seperti menjaga suhu, proses handling, fasilitas armada bahkan setiap gerai KFC diwajibkan untuk kembali melakukan pemeriksaan kualitas bahan sesaat barang tiba di store KFC.

Ketika semua bahan baku sudah dipastikan kualitasnya, barulah tahapan proses memasak dimulai.

Tentunya, penerapan QC yang ketat tetap dilakukan dan tidak diabaikan.

Prosedur memasak dijalankan dengan ketat, sejak meramu semua bahan, menyalakan alat memasak, hingga lamanya memasak.

Ketika makanan sudah selesai dimasak dan siap dihidangkan pun, QC tetap berjalan.

Di tahap ini, store manager akan memastikan tingkat kematangan, penampilan, aroma, rasa dan cara penyajian yang sesuai dengan standar yang diterapkan.

“Kami menjalankan Quality Assurance System mulai dari pemasok, gudang penyimpanan, transportasi hingga gerai KFC secara menyeluruh dan dengan saksama,” ujar Eric Leong, Chief Executive Officer PT Fast Food Indonesia Tbk, Selasa (14/2/2023).

Ditegaskannya, mulai dari bahan, higienitas, cara memasak, cara penyajian hingga menjaga kondisi gerai tetap nyaman, Quality Assurance System tetap diterapkan.

Proses tersebut menurutnya, tidak sesederhana yang dibayangkan, karena harus mengontrol sedemikian banyak bahan dan ratusan gerai.

“Yang pasti, semua itu kami lakukan agar konsumen dapat menikmati semua menu KFC, tidak hanya dengan cita rasanya yang terjaga, tetapi juga dengan aman dan nyaman,” pungkas Eric Leong.

Komentar