Barcelona Resmi Rekrut Xavi Jadi Manajer Baru, Tapi Apakah Dia Mampu?

GETTY IMAGES

JurnalPatroliNews – Barcelona resmi merekrut Xavi Hernandez sebagai manajer anyar, menggantikan Ronald Koeman. Dalam situs resminya, El Barca menyebut “Welcome Back Home Xavi!”.

“FC Barcelona telah mencapai kesepakatan dengan Xavi Hernandez sehingga ia menjadi pelatih tim utama untuk sisa musim ini dan dua musim selanjutnya,” tulis keterangan tersebut.

Bacaan Lainnya

Xavi disebut telah meninggalkan klub lamanya, Al-Sadd, setelah terjadi pembicaraan beberapa hari dengan pemilik klub.

Xavi tiba di Barcelona akhir pekan ini, dan pada Senin (08/11), ia akan diperkenalkan oleh klub sebagai pelatih utama secara terbuka di Camp Nou.

Tapi apakah Xavi mampu?

Wartawan olahraga asal Spanyol, Guillem Ballague, menyebut bahwa dia telah bertemu dengan Xavi musim panas lalu. Pada perjumpaan tersebut Guillem mengatakan Xavi telah menunjukkan determinasinya untuk menjadi manajer Barcelona.

Sudah cukup jelas bagi Guillem bahwa selama Xavi bekerja untuk Al-Sadd, pria 41 tahun itu hanya fokus pada pengelolaan tim. Tim Qatar yang ditanganinya bermain dengan gaya yang jika diterapkan di Barcelona, pasti akan menghibur para penggemar Barca–julukan FC Barcelona.

Xavi adalah orang yang tekun dalam mempelajari permainan sepak bola, dan telah mengkaji apa yang harus dilakukan setiap pemain, dengan atau tanpa bola.

Yang pertama dan terpenting, dia akan berusaha menempatkan struktur para pemain di lapangan. Jika dia bisa melakukannya, hampir bisa dipastikan Barcelona akan menjadi lebih baik, karena tanpa struktur, para pemain akan kehilangan arah dan mencari-cari apa yang semestinya dilakukan.

Sebagian besar para pemain Barcelona sudah menerapkan gaya permainan yang Xavi inginkan. Tapi untuk merombak sesuai dengan yang dikehendaki, Xavi perlu waktu dan kesabaran dari semua orang di tubuh klub.

Pos terkait