Barcelona Resmi Rekrut Xavi Jadi Manajer Baru, Tapi Apakah Dia Mampu?

Dia senang dengan keberadaan para pemain muda yang bisa menembus skuat utama. Ini klop dengan kondisi FC Barcelona yang hanya mampu menjamin pasokan pemain muda lantaran tak banyak anggaran yang tersedia untuk memperkuat skuat,

Entah karena faktor keberuntungan atau sudah terencana – atau mungkin kombinasi keduanya – FC Barcelona saat ini penuh dengan anak-anak muda berbakat, meskipun pada saat yang bersamaan mereka bisa dikatakan berlari tanpa arah karena belum mendapatkan instruksi secara jelas untuk bisa bersinar..

Di samping mengandalkan pemain muda jebolan akademi FC Barcelona, Xavi juga akan menemui pemain-pemain veteran yang memakai ban kapten di klub itu; Sergio Busquets, Sergi Roberto, Jordi Alba, dan Gerard Pique ditambah Marc-Andre ter Stegen.

Mereka semua adalah mantan rekan satu timnya, sekaligus pemain-pemain yang mungkin sulit mempertahankan kecakapan saat berlaga. Sepertinya tidak mudah bagi mereka untuk bisa semumpuni seperti dulu

Kekalahan 0-1 saat menghadapi Rayo Vallecano pada 28 Oktober lalu jelas merupakan kesalahan Busquets dan Pique. Performa mereka saat itu jauh di bawah standar.

Alba juga tak lagi menjadi ancaman bagi klub-klub lawan, bahkan kerap berbuat kesalahan saat bertahan.Sergi Roberto tidak tahu apa yang harus dilakukan karena posisinya sering dipindahkan. Kemudian beberapa pihak mengeklaim kiper Ter Stegen tak lagi menjadi tembok pertahanan kokoh.

Akan tetapi, positifnya, Xavi tidak harus berurusan dengan pertanyaan “apa yang harus kita lakukan dengan Messi?”. Sebab, pertanyaan itu terus didengungkan para pengurus klub di masa lalu, saat maestro asal Argentina tersebut masih memperkuat FC Barcelona, sampai-sampai skuat utama khusus dibangun untuk melayaninya.

Pertanyaan utama yang harus dijawab pengurus klub kini adalah apakah mereka punya cukup pemain berkualitas untuk menempati empat besar klasemen La Liga? Apabila raihan itu tidak tercapai, jelas mereka tidak akan punya cukup uang untuk menjadi empat besar La Liga di musim berikutnya.

Komentar