6 Warga Terserang DBD, BMI Buleleng Gelar Foging di Desa Patas

JurnalPatroliNews – Patas,– Musim hujan baru mulai, namun penyakit musiman Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai mengamuk, akibatnya sediktinya enam warga Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, sudah menjadi korban amukan DBD.

Penderitaan warga Desa Patas itu pun ditangkap oleh Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Buleleng, Ketut Ngurah Arya dan mengkomunikasikan kepada Ketua BMI Kabupaten Buleleng DR dr Ketut Putra Sedana, Sp.OG, yang selama ini bergerak di bidang kesehatan dan kemanusiaan. Nah, setelah menerima informasi bahwa sekitar 6 orang warga Desa Patas menderita penyakit DBD, DR dr Ketut Putra Sedana, Sp.OG, yang juga Koordinator Relawan Ganjar-Mahfud Kabupaten Buleleng, langsung bergerak melawan amukan penyakit DBD di Desa Patas itu.

Maka Minggu (4/2/2024) pagi pasukan BMI Buleleng dan pasukan Relawan Ganjar-Mahfud dipimpin langsung Dokter Caput, sapaan akrab DR dr Ketut Putra Sedana, Sp.OG, langsung terjun ke Desa Patas “berperang” melawan DBD dengan melakukan foging.

“Yang memang kita dari BMI memiliki program yang sudah kita jalankan dari dulu, karena apa? Karena kita tahu bahwa salah satu penyakit yang menjadi momok di masyarakat, yang paling menakutkan adalah demam berdarah, dan demam berdarah ini adalah penyakit musiman,” ujar Dokter Caput usai aksi foging BMI di Desa Patas, Minggu (4/2/2024) pagi.

“Kita tahu bahwa cuacanya seperti sekarang ini di daerah-daerah pasti ada demam berdarah apalagi dalam pemeliharaan lingkungan yang kurang bagus. Ini jelas dampaknya adalah salah satunya adalah penyakit demam berdarah. Dan begitu pun dengan kondisi di wilayah ini begitu cepatnya. Ketua Fraksi PDIP Pak Ngurah Arya dan Perbekel disini menginformasikan, dan kita langsung menindaklanjuti untuk turun memberikan bantuan untuk foging sekaligus edukasi tentang masalah demam berdarah ini. Ini kegiatan kita BMI bersama relawan Ganjar-Mahfud dan Fraksi PDIP yang bersinergi untuk membantu masyarakat,” ungkap Dokter Caput.

Dokter Caput menjelaskan bahwa DBD adalah penyakit yang bisa dicegah. Maka itu, kata Dokter Caput yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Buleleng, sebelum dilakukan foging pihaknya bersama Fraksi PDIP Buleleng memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara mencegah DBD melalui memelihara kebersihan lingkungan.

Komentar