Empat Pantai di Buleleng Jadi Entry Point Dolphin Watching

JurnalPatroliNews.co.id – Singaraja,- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buleleng, Bali, berencana membuat entry point (titik masuk) untuk kegiatan dolphin watching (melihat lumba-lumba). Entry point ini rencananya akan berada di empat pantai yakni Pantai Penimbangan, Pantai Happy, Pantai Celuk Agung, dan Pantai Binaria Lovina.

Rencana adanya entry point ini juga didiskusikan bersama empat kepala desa dan empat kelian desa adat terkait, dari Desa Baktiseraga, Desa Tukadmungga, Desa Anturan, dan Desa Kalibukbuk.

Pembahasan rencana ini berlangsung dalam rapat koordinasi (rakor) pada hari Jumat, 19 Mei 2023 pukul 09.00 WITA di Ruang Rapat Dinas Pariwisata Buleleng.

Kepala Dispar Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara; menyebutkan bahwa adanya entry point ini akan menyasar grup wisatawan dari Pulau Jawa yang kebanyakan berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

“Kita menyepakati bahwa Pantai Penimbangan, Pantai Happy, Pantai Celuk Agung, dan Pantai Binaria Lovina, menjadi entry point bagi wisatawan dolphin watching,” ujarnya.

Dalam rakor tersebut, menghasilkan kesepakatan bahwa pada keempat pantai tersebut akan membentuk pengelola yang akan mendapat pelatihan dari Dispar Buleleng mengenai manajemennya.

Komentar