Keren..! Ungkap Wajah Pelaku Kejahatan, Polri Gunakan Teknologi FR. Apa Sih Kehebatan Teknologi Ini, Cek Disini!

Ilustrasi (doch.net)

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Teknologi Face Recognition (Pengenalan Wajah), sudah digunakan Polri untuk mengungkapkan wajah Pelaku tindak kejahatan. Teknologi inilah yang digunakan Polda Metro Jaya (PMJ) dalam mengungkap wajah Pelaku pengeroyokan Ade Armando saat Demo Mahasiswa 11 April Silam.

Face Recognition (FR), adalah salah satu cara untuk mengidentifikasi Identitas Individu menggunakan wajah. Sistem pengenalan wajah ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi orang dalam foto, video, atau secara real-time.

Bacaan Lainnya

Face recognition merupakan Teknologi dengan kategori keamanan Biometrik. Bentuk lain dari perangkat lunak Biometrik termasuk pengenalan suara, pengenalan sidik jari, dan retina mata atau pengenalan iris.

PMJ, sempat mengklarifikasi hasil Face Recognition yang keliru pada saat pengungkapan wajah Pelaku pemukulan Ade Armando kemarin. Kekeliruan tersebut dikarenakan tingkat akurasi Face Recognition yang belum mencapai 100 persen.

Sebenarnya, ada dua kegunaan utama dari perangkat lunak pengenalan wajah, yakni Pengenalan dan Otentikasi. Salah satu manfaat utama menggunakan Otentikasi wajah untuk kontrol akses fisik dengan memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi bila dibandingkan sistem berbasis Kredensial fisik tradisional.

Kegunaan lainnya adalah membebaskan pengguna dari keharusan membuat dan memperbarui kata sandi kuat yang unik dan menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik. Teknologi ini sebagian besar digunakan untuk Keamanan dan Penegakan hukum, meskipun ada peningkatan minat di bidang penggunaan lainnya, seperti absensi Individual pada kantor-kantor.

Pos terkait