Bergerak Lebih Dahulu! Jokowi Ingatkan Daerah Belajar dari Petaka di Papua, Soal Ini…..?

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan setiap pemerintah daerah memperkuat cadangan pangan di daerah masing-masing. Dengan begitu, katanya, tidak harus mengandalkan bala bantuan dari Jakarta jika terjadi sesuatu.

Dia pun mencontohkan saat Papua dilanda petaka kelaparan di bulan Juli lalu.

Yang paling penting juga dicatat, tingkatkan cadangan pangan daerah. Ada cadangannya. Jadi kalau terjadi apa apa cepat, tidak harus kontak ke Jakarta. Kirimnya juga harus pakai waktu, negara ini negara besar,” katanya saat membuka Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023 di Istana Negara, Kamis (31/8/2023).

“Daerah itu harus bergerak terlebih dahulu. ‘Pak tapi ini harus dibantu,pak…sebelum 1 bulan kami harus’..Ok. Tapi jangan baru langsung teriaknya ke pusat. Harus ada cadangan pangan di daerah harus ada. Dan segera koordinasi dan solusi kalau ada masalah,” tegas Jokowi.

Jokowi pun memperingatkan kejadian yang sebelumnya terjadi di Papua, yang sebelumnya sempat mengalami petaka kelaparan.

“Seperti yang terjadi di Papua kemarin. Kita cek memang tidak ada stok sama sekali. Karena tidak ada cadangan pangan ya drop dari Jakarta. Tapi kan itu tidak bisa seperti itu. Harus daerah itu memiliki cadangan pangan sendiri dan tidak mahal,” kata Jokowi.

“Meski Bulog ada, cadangkan sendiri. Titip di gudang Bulog nggak ada masalah. Sehingga kebijakan itu ada di keputusan bapak ibu semua. Gubernur, Bupati/ Walikota, memutuskan sendiri. Karena Bulog itu keputusan ada di sini,” pungkasnya.

Di sisi lain, dia menginstruksikan pemerintah daerah mengoptimalkan fiskal di daerah masing-masing untuk mengendalikan inflasi. Menurutnya, inflasi dan pertumbuhan ekonomi menjadi kunci dan konsentrasi di semua negara.

Komentar