Curah Hujan Tinggi, BPS Ungkap Panen Raya Terancam Gagal, Inflasi Pangan Masih Tinggi

JurnalPatroliNews – Jakarta- Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan bahwa musim panen raya yang jatuh pada akhir Februari hingga Maret 2023 terancam cuaca buruk yang memicu banjir dan hujan deras di sejumlah wilayah Indonesia.

“Minggu-minggu terakhir Februari kita masuk masa panen dan akan berlangsung hingga Maret ini akan tetapi pada saat yang sama curah hujan masih tinggi di sebagain besar wilayah Indonesia,” kata Pudji Ismartini, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Rabu (1/3/2023).

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, dia mengungkapkan kondisi cuaca berpengaruh pada masa panen. Adapun, sejumlah wilayah seperti Mojokerto, Bontang dan Sumbawa, mengalami banjir.

Melihat kondisi ini, kelompok makanan, minuman dan tembakau pada Februari 2023, tercatat mengalami inflasi yang masih tinggi. Inflasi kelompok ini 0,48% dan andilnya mencapai 0,13%.

Dari kelompok ini, penyumbang terbesar adalah beras, rokok kretek filter, bawang merah, cabai merah, dan rokok putih.

Harga beras tercatat terus melambung sejak awal bulan. Merujuk pada Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN), harga beras belum juga menurun pada bulan ini.

Harganya bahkan menembus Rp 13.200 atau level tertinggi yang pernah dicatat oleh PIHPSN. Pada Senin (27/2/0223), harga beras 1 kg dibanderol Rp 13.200 atau melonjak 2,32% sebulan.

Rata-rata harga beras dijual pada harga Rp 13.092/kg pada Februari atau lebih mahal 2,5% dibandingkan pada Januari 2023.

Komentar