Sri Mulyani Punya Jurus Jitu Amankan Penerimaan Negara, Jika Harga Komoditas Jatuh, IKN..?

JurnalPatroliNews – Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan sejumlah jurus yang akan ia terapkan mengamankan penerimaan negara, jika nantinya harga-harga komoditas jatuh pada tahun ini, setelah pada 2022 Indonesia menikmati durian runtuh alias windfall profit.

Sri Mulyani mengaku telah melaksanakan uji coba karena harga-harga komoditas andalan Indonesia mulai melemah. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga batu bara telah anjlok 16,15% secara bulanan pada Januari 2023 ke posisi US$ 318/mt, demikian juga gas alam anjlok 40,53% ke posisi US$ 3,3/mmbtu.

“Bagaimana cara kita mengamankan kalau ada shock begitu? Itulah yang kita sebutkan tadi ada bantalan-bantalan untuk kalau commodity price menurun,” kata Sri Mulyani saat berbincang dengan Chairman CT Corp, Chairul Tanjung dalam Economic Outlook 2023 dengan tema “Menjaga Momentum Ekonomi di Tengah Ketidakpastian” di Hotel St. Regis, Jakarta, dikutip Rabu (1/3/2023).

Dalam menghadapi anjloknya harga-harga komoditas ekspor andalan itu yang berpotensi menekan penerimaan negara, Sri Mulyani telah menyiapkan jurus atau strategi melalui pemanfaatan sumber pendapatan lainnya yang memiliki kinerja cemerlang hingga akhir 2022.

Komentar