Dukung Transformasi Digital, UMKM Bitung Dapat Sokongan Dana Bank SulutGo

Wali Kota dan Wakil Wali Kota saat serahkan bantuan KUR untuk UMKM

JurnalPatroliNews – Bitung,  – Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri-Hengky Honandar hadir di Launching Ekosistem Pembiayaan KUR kepada Pelaku UMKM dalam rangka mendukung Bitung Kota Digital, Senin (29/11/2021).

Launching itu digelar di ruangan BPU Kantor Wali Kota dan dihadiri sejumlah pejabat Pemkot Bitung serta Stafsus diantaranya, Angga Aldy Longdong.

Bacaan Lainnya

Selain launching, Maurits-Hengky juga menyerahkan secara simbolis bantuan KUR dari Bank SulutGo kepada para pelaku UMKM serta demo pemesana lewat Aplilasi Grab dan Gojek yang pembayarannya di lakukan secara digital.

Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan, salah satu kelompok usaha yang paling terdampak dari COVID-19 adalah UMKM.

Berdasarkan hasil survei dampak pandemi COVID-19 yang dilakukan LIPI kata Wali Kota, sebanyak 94,69% dari total UMKM mengalami penurunan penjualan, dimana penurunan lebih dari 75% dialami oleh 49,01% usaha ultra-mikro.

Lalu, 43,3% usaha mikro, 40% usaha kecil dan 45,83% usaha menengah.

Hal ini perlu menjadi perhatian mengingat dari data BPS pada tahun 2017, unit usaha UMKM menyumbang 60,34% terhadap PDB Indonesia dan menyerap 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja.

“Oleh karena itu, UMKM sebagai penggerak ekonomi Indonesia perlu beradaptasi dan mulai memanfaatkan teknologi digital dalam model bisnisnya agar dapat meningkatkan daya saing di era kenormalan baru pasca COVID-19,” kata Maurits.

Selain itu, lanjut Maurits, UMKM memiliki fungsi sosial sebagai penyedia jaring pengaman, terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah supaya dapat menjalankan kegiatan ekonomi produktif.

Pos terkait