Hitungan Menit Tiket Ludes! Konser Coldplay: Momentum Bangkitnya Sumber Ekonomi Baru RI

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Pemerintah harus mulai melirik perdagangan jasa khususnya sub-sektor ekonomi kreatif seperti musik untuk dapat meraih cuan lebih. Mengingat antusiasme yang cukup tinggi terhadap konser musik setelah pandemi Covid-19 usai.

Berkaca dari penjualan tiket Coldplay kemarin yang diburu oleh masyarakat Indonesia dan bahkan ludes dalam hitungan menit. Sekitar 50 ribu tiket konser Coldplay diperebutkan oleh jutaan orang.

“Sekitar 50 ribu tiket dijual dengan mekanisme online. Meskipun dijual dengan harga cukup mahal, berkisar Rp800 ribu hingga Rp11 juta, tetapi terdapat sekitar 3,2 juta orang yang diperkirakan ikut memperebutkan tiket ini,” mengutip Laporan Trade and Industry Brief oleh LPEM FEB UI, Kamis (8/6/2023).

Laporan Trade and Industry Brief mencatat pemerintah Indonesia telah menerima pajak hiburan sebesar Rp640,8 miliar hingga pertengahan tahun 2023. Angka ini meningkat sebanyak 68,8% jika dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy).

Kemudian, Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta hingga Januari 2023 saja sudah mendapatkan pemasukan dari sub-sektor ini sebesar Rp29 miliar. Pajak hiburan diperkirakan menyumbang 1,65% penerimaan pajak daerah.

“Di DKI Jakarta, pajak hiburan dari aktivitas di Kecamatan Tanah Abang (termasuk Senayan dan Gelora Bung Karno) pada bulan Januari 2023 sendiri sudah mencapai Rp29 miliar,” dikutip rekan media.

Komentar