Hitungan Menit Tiket Ludes! Konser Coldplay: Momentum Bangkitnya Sumber Ekonomi Baru RI

Selain dari pajak, konser musik dapat menggerakkan perekonomian melalui pengeluaran operasional venue konser hingga pengeluaran penonton nonlokal (dari luar kota maupun luar negeri). Penonton akan mengeluarkan uangnya untuk pembelian merchandise, biaya parkir, penginapan, transportasi, makanan dan minuman, dan lainnya.

“Pengeluaran on-site untuk merchandise dan biaya parkir, sedangkan pengeluaran off-site untuk penginapan, transportasi (baik transportasi ke venue maupun ke tempat-tempat lainnya selama menginap), makanan dan minuman, pembelian di toko-toko lokal, kunjungan ke tempat hiburan lainnya, dll” dikutip rekan media.

Menengok ke Amerika Serikat (AS), konser musik sudah menjadi mesin penggerak ekonomi yang signifikan. Pada masa sebelum pandemi atau 2019, diperkirakan konser musik memberikan dampak ekonomi sekitar US$132,6 miliar, dan menciptakan 913 ribu pekerjaan.

“Sepanjang tahun 2019 diestimasikan memberikan dampak ekonomi senilai US$132,6 miliar, menciptakan lapangan kerja sebanyak 913 ribu pekerjaan dengan pendapatan tenaga kerja terkait sekitar US$42,2 miliar,” dikutip rekan media.

Selain itu, berkontribusi terhadap penerimaan pajak pusat AS senilai US$9,3 miliar pada tahun 2019. Tambahan penerimaan pajak daerah di AS pada 2019 mencapai US$8,3 miliar.

Komentar