Ketersediaan SDM Dosen dan Infrastruktur Kampus Kunci Akselerasi Universitas

JurnalPatroliNews – Mataram – Kualifikasi pendidikan sumber daya manusia (SDM) dosen pad berpendidikan doktoral dan ketersediaan infrastruktur kampus yang memadai menjadi kunci suatu universitas mencapai kemajuan progresif dan kompetitif di tengah ketatnya kompetisi terbuka antarperguruan tinggi (PT).

Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) Prof. Dr. Edy Suandi Hamid,M.Ec. menyatakan bahwa UWM Tengah mengintegrasikan akselerasi pendidikan SDM dosen dan fasilitas gedung untuk pelaksanaan pendidikan, laboratorium, dan fasilitas terkait lainnya, yang berkualitas dan kompetitif.

Pada Dies UWM ke-41 ini, panitia mengangkat tema Akseleratif Progresif menuju UWM yang Kompetitif, dengan maksud menjadi inspirasi semua elemen universitas untuk memajukan kampusnya.

“Kita ingin menciptakan universitas unggul dan berdaya saing, maka kita harus melangkah ke depan dengan langkah akseleratif, tidak bisa dengan langkah biasa-biasa saja,” kata Prof Edy Suandi Hamid pada pidato Dies UWM ke-41 di Pendopo Agung Kampus Terpadu Jalan Tata Bumi Selatan, Banyuraden, Gamping, Sleman, Sabtu (7/10/2023).

Dari akselerasi SDM dosen, penambahan dosen yang kuliah doktoral terus meningkat.

“Dosen kualifikasi doktor telah mencapai 20 persen lebih, yang berarti di atas rata-rata nasional untuk syarat menjadi universitas berkemajuan. Kemudian terdapat 15 kandidat doktor yang tengah menunaikan kuliah doktoral dalam berbagai disiplin ilmu.”

Sejurus dengan kualitas SDM doktor meningkat, program studi baru segera dibuka pada tahun ini, meliputi program studi Informatika (S1),Profesi Arsitektur, Magaster Kenotariatan (S2), Kepariwisataan (S10, Magister Manajemen (S2), Studi Budaya (S1), dan Hubungan Internasional (HI).

“Pengalaman membuka Magister Hukum, jumlah mahasiswanya sangat signifikan. Maka program studi magister berikutnya optimis mencapai kemajuan serupa.”

Dukungan akselerasi kemajuan SDM dosen disatukan dengan penyediakan infrastruktur gedung perkuliahan dan kegiatan ekstra kurikuler internal kampus.

Tahap pembangunan pertama gedung telah selesai dan digunakan untuk rektorat dan perkuliahan.

Tahap kedua Pembangunan gedung dijadwalkan pada akhir 2023 atau awal Januari 2024. Target pembangunan Gedung tahap dua mencakup dua Papan Piwulangan (Gedung perkuliahan), Religious Center (Widya Nusantara) atau tempat ibadah semua agama, Widya Pambiji (gedung laboratorium),dan Papan Radya (gedung perkantoran).

“Sebagai kampus berbudaya, UWM terus menata diri ke arah yang lebih baik dengan semangat Hamemayu Hayuning Widya Mataram.”

Komentar