Kok Bisa! Aset Negara Di Serobot Orang, Sri Mulyani: Harus Dibenahi Pemerintah

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan penataan aset-aset negara masih menjadi pekerjaan rumah yang harus dibenahi oleh pemerintah. Dia mengatakan tak jarang banyak aset di tempat strategis justru terbengkalai.

Sering yang muncul di masyarakat ada aset di daerah strategis tapi kosong atau dijadikan gudang, sehingga tidak memunculkan opportunity cost atau nilai tambah yang bisa dimunculkan dari aset di wilayah strategis,” kata Sri Mulyani dalam pidato Malam Penganugerahan The Asset Manager 2023, pada Selasa malam, (17/10/2023).

The Asset Manager merupakan kompetisi antar para pengelola aset negara pada kementerian, lembaga, pemerintah daerah, badan layanan umum, serta badan usaha milik negara/daerah yang mengadu kompetensi, pemahaman dan kreativitas dalam optimalisasi aset negara.

Sri Mulyani mengatakan banyak aset bukan cuma terbengkalai, namun sejumlah aset yang tidak digunakan juga diserobot orang lain yang tidak berhak. Dia mengatakan terdapat banyak lahan yang dibiarkan kosong, kemudian diambil alih oleh pihak-pihak lain.

“Atau banyak juga lahan yang dibiarkan kosong dan ini kemudian di-occupied oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan atau yang ingin menyerobot,” kata dia.

Sri Mulyani mengakui bahwa pengelolaan aset negara memang memunculkan banyak tantangan dalam pengelolaannya. Namun, dia meminta pengelolaan aset secara maksimal harus terus dilakukan untuk memberikan nilai tambah kepada negara.

Komentar