Sengketa Pemilu Tidak Dampak Pada Sektor Pariwisata RI, Ini Kata Sandiaga Uno!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menegaskan bahwa meskipun terjadi sengketa dalam Pemilu 2024, sektor pariwisata Indonesia tetap stabil.

Sektor pariwisata tidak terlalu terdampak karena kalau kita lihat sektor pariwisata ini masih menunjukkan grafik yang kuat,” kata Sandi usai menghadiri acara simbolis peresmian Lapangan Basket Khaf Masjid Istiqlal di Jakarta, Kamis (21/3/24).

Dia menjelaskan bahwa ketenangan dan kedamaian yang tercipta selama pemilu memberikan dampak positif pada pariwisata, sehingga kunjungan wisatawan mancanegara masih terjaga.

Namun, Sandiaga juga mengungkapkan kekhawatirannya terhadap perlambatan ekonomi global dan kondisi geopolitik yang tidak menentu.

“Kita justru memperhatikan perlambatan ekonomi di beberapa wilayah dunia, ini yang menjadi perhatian kita juga situasi geopolitik global. Mahalnya harga tiket baik di dalam negeri maupun di luar negeri juga menjadi sorotan kita,” ujar Sandi.

Sandiaga sebelumnya telah menetapkan target pendapatan sektor pariwisata mencapai Rp3.000 triliun pada tahun 2024 dengan jumlah wisatawan nusantara mencapai 1,25–1,5 miliar dan transaksi produk ekonomi kreatif mencapai Rp1.187 miliar.

“Untuk mencapai target tersebut, perlu langkah-langkah adaptasi, kolaborasi, dan inovasi. Kami berharap terobosan ini bisa didorong oleh masing-masing daerah,” tandasnya.

Dia juga menekankan pentingnya peran pemerintah daerah dalam mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Komentar