Salurkan Listrik Hijau Tanpa ‘Kedip’, PLN Rancang Pembangunan Jaringan Listrik Pintar

JurnalPatroliNews – Jakarta, – PT PLN (Persero) mengungkapkan bahwa perusahaan saat ini tengah merancang pembangunan jaringan listrik pintar yang akan menyalurkan listrik berasal dari energi hijau.

Hal itu seperti yang dikatakan oleh Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo. Ia menyebutkan bahwa saat ini pihaknya tengah merancang dan membangun jaringan pintar dengan pembangkitan yang fleksibel, transmisi cerdas, pengiriman cerdas, distribusi cerdas, hingga meteran pintar.

“Dengan cara seperti ini, kami menganggap hal ini sebagai sebuah tantangan, kami juga akan menganggap ini sebagai peluang,”ujar Darmawan dalam acara Asean Indo-Pacific Forum 2023, di Hotel Mulia, Rabu (6/9/2023).

Nantinya bila rancangan tersebut berhasil dijalankan, Darmawan mengatakan bahwa hal tersebut bisa menambah energi terbarukan hingga 32 gigawatt (GW) listrik ramah lingkungan.

“Bagaimana kami akan tumbuh dengan perencanaan jenis baru ini, kami dapat menambahkan tambahan energi terbarukan sebesar 32 gw sebagai beban dasar dengan transmisi ramah lingkungan seperti ini,” tambahnya.

Selain itu, Darmawan juga mengatakan bahwa perencanaan tersebut juga bisa menambah kapasitas energi surya menjadi 28 GW dari yang sebelumnya terhitung hanya 5 GW.

“Saya sangat optimis di sini. Ya, tantangannya sangat besar. Tapi kami punya keyakinan,” tandasnya.

Komentar