Antisipasi Macet, ASN Diberi Izin Bekerja Dari Rumah Untuk Lancarkan Arus Balik Lebaran

JurnalPatroliNews – Jakarta – Dalam upaya untuk memperlancar arus balik Lebaran tahun 2024, pemerintah memutuskan untuk memberikan izin kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bekerja dari rumah (WFH) pada tanggal 16 dan 17 April.

Keputusan ini diumumkan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Beliau memperbolehkan ASN yang telah mudik untuk menunda kembali ke Jakarta.

“Silakan ASN bisa menunda, tidak usah ikut sama non-ASN, jadi bisa berangkat pada hari Rabu dan Kamis,” kata Muhadjir di Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (13/4/24).

Muhadjir juga menegaskan bahwa kebijakan ini hanya berlaku bagi ASN yang tidak memiliki anak yang masih sekolah.

“Kalau ada ASN yang punya anak sekolah, ya ngikuti anaknya yang sekolah,” tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas menyatakan bahwa pengaturan antara bekerja dari rumah (WFH) dan bekerja dari kantor (WFO) akan diterapkan secara ketat dengan tetap memprioritaskan kinerja organisasi dan kualitas pelayanan publik.

Dalam arahan Presiden Joko Widodo, instansi-instansi yang langsung berkaitan dengan pelayanan publik diharuskan tetap melaksanakan WFO 100 persen.

Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 1 Tahun 2024 yang ditujukan kepada pejabat pembina kepegawaian di seluruh instansi pemerintah.

Anas menjelaskan bahwa instansi yang memiliki keterkaitan langsung dengan pelayanan publik seperti kesehatan, keamanan, penanganan bencana, energi, logistik, transportasi, dan lain sebagainya, harus tetap melaksanakan WFO 100 persen.

“Jadi untuk pelayanan yang langsung ke publik, akan tetap berjalan optimal sesuai arahan Presiden Jokowi yang menginginkan kinerja pelayanan publik selalu excellence dalam segala situasi,” imbuh Anas.

Komentar